Cara Ikut Beasiswa Unggulan

Baik, ternyata setelah saya menulis tentang beasiswa unggulan di posting ini, banyak teman yang kemudian penasaran juga dan pingin nyoba, dan terus kemudian pada mengontak saya gimana caranya mendapatkan beasiswa tersebut. Oke, karena saya lagi males balas semua sms baik hati, saya posting caranya aja ya, biar nanti kalau ada yang SMS saya lagi tinggal praktis balesnya, "buka aja nurvirtamonarizqa.blogspot.com"


Sebenarnya cara yang saya lakukan agak berbeda dengan apa yang sebenarnya harus dilakukan oleh "pelamar" pada umumnya. Tapi langkah manapun jadi nggak ada artinya kalau kita nggak tahu apa sebenarnya beasiswa unggulan itu dan macam beasiswa yang diberikan, maka silahkan download panduan beasiswa tahun 2010 nya di sini .Overall, macam beasiswa yang diberikan antara lain 

Nah berikut adalah cara konvensional (yang dibenarkan dan dianjurkan oleh depdiknas) seperti ini:
1. Login di buonline.depdiknas.go.id, jika belum punya account, bisa buat account di sana. Ohya bagi yang pendidikan terakhirnya SMA seperti saya, pada bagian "nomor induk" isikan nomor induk siswa nasional. Bisa digoogling pakai keyword nama teman-teman masing-masing + nisn.
2. Akses formulir pendaftarannya dan kemudian melakukan pendaftaran online, isi semua data yang dibutuhkan, semua diisi dengan lengkap, antara lain
    a. Form Tujuan Studi & Keterangan Diri
    b. Form Instansi Asal
    c. Form Pendidikan & Riwayat Organisasi
    d. Form Prestasi & Riwayat Kerja
    e. Form Pelatihan/Workshop/Seminar
    f. Kemampuan Bahasa &Rekomendasi
    g. Essay Potensi Daerah
Ohya, seperti dikutip di petunjuk dalam webnya, nanti ada bagian dimana kita harus menguplod dokumen-dokumen, untuk itu, berikut berkas yang harus discan terlebuh dahulu:
   
No. Jenis Dokumen Tipe yang diizinkan Ukuran Maksimal
1. Foto .jpg 50 Kb
2. Transkrip/ ijazah .jpg/.zip 500 Kb
3. TOEFL/IELTS .jpg 200 Kb
4. Letter of Acceptance .jpg 400 Kb
5. Recommendation Letter .zip 500 Kb
6. CV .pdf 200 Kb
7. Sertifikat Kejuaraan .zip 800 Kb
8. Sertifikat Seminar/ Training/ Workshop .zip 1024 Kb
9. Karya Publikasi .zip 750 Kb
10. Proposal Penelitian .pdf 250 Kb

Perhatian: hasil scan harap tidak melebihi "900 pixel".
Kemudian berikut aturan penamaan dokumennya":

No. Jenis Dokumen Aturan penamaan
1. Foto Foto000012
2. Transkrip/ ijazah Trans000012
3. TOEFL/IELTS TOEFL000012
4. Letter of Acceptance LOA000012
5. Recommendation Letter RecLetter000012
6. CV CV000012
7. Sertifikat Kejuaraan SertAward000012
8. Sertifikat Seminar/ Training/ Workshop SertTraining000012
9. Karya Publikasi Publikasi000012
10. Proposal Penelitian Proposal000012

"00012" adalah 6 digit terakhir dari mhsID, mhsID ini diperoleh setelah kita melengkapi form-1 (Tujuan Studi)

3. Selesai, tunggu pengumumannya. Pendaftaran secara online sekalikus mengupload berkas, tahapan setelah semua berkas tersubmit ini disebut seleksi berkas. Biasanya seleksi berkas hingga bulan Juli dan jika lolos ada seleksi lagi bulan Agustus, terus lolos tanda tangan kontrak deh...haha....

Cukup ribet ya? Bandingkan dengan apa yang saya dan teman-teman lakukan
1. Download formulir beasiswa unggulan di sini
2. Print formulirnya, terus diisi semua dengan lengkap
3. Lengkapi berkas yang dibutuhkan, antara lain
    a. Surat pengantar dari kita sendiri, yang menjelaskan kalo kita mau nglamar BU (beasiswa unggulan)
    b. Letter of Acceptance (surat keterangan bahwa kita telah diterima di universitas yang kita tuju)
    c. Curriculum vitae: data diri, pendidikan, pengalaman kegiatan/ organisasi, prestasi --> dibuat sebagus-bagusnya
    d. Rekomendasi dari kepala sekolah/ rektor
    e. Fotokopi piagam kejuaraan
    f. Rincian biaya selama kuliah
    g. Fotokopi ijazah dan skhun
    h. Fotokopi kartu keluarga/ KTP
    i. Sertifikat TOEFL (sayang saya gak punya, jadi gak ngumpulin)
    j. Proposal skripsi (untung saya punya proposal penelitian IT, jadi saya kumpul, nggak tahu bakal jadi skripsi apa nggak :p)
    k. Fotokopi rekening
4. Masukkan semua dokumen pada (3) dan formulir pendaftaran ke amplop, kemudian dikirimkan ke alamat berikut:
Sekretariat Program Beasiswa Unggulan
Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan Nasional Gd. C Lt 6
Jl Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270
5. Sepengalaman saya, saya tinggal tunggu selama dua bulan, dapat telpon dan kejadian selanjutnya seperti yang saya ceritakan di posting ini (kalau bisa dibaca se comment-comentnya juga), nggak ada seleksi lagi selain berkas (devil)

Semoga bisa membantu, selamat mencoba
9 Responses
  1. Yan Restu Freski Says:

    ohya, buka blog baruku.
    Lebih rileks, tidak formal, tapi tetap menyenangkan...

    www.yanfreski.blogspot.com

    Regards,
    Yan Restu Freski

  2. beasiswa Says:

    Terima Kasih
    Moga tetap update informasi beasiswa di blog ini. Soalnya saya butuh bangets...

  3. Nurvirta Monarizqa Says:

    beasiswa: OK, saya usahakan

  4. sebut saja blog.. Says:

    beasiswa ki sopo jal (haha) wkwkwk

  5. Nurvirta Monarizqa Says:

    rhama: jo ojo kowe (panic)

  6. Yan Restu Freski Says:

    nek rhama wani ngomong itu, berarti beasiswa ki pancen rhama.

  7. Sarwo Budiyono Says:

    layout blognya keren, infonya juga

  8. Anonim Says:

    mbak saya coba daftar tp kq langsung disodori letter of acceptance sama proposal pengajuan y, kesimpulan berarti hrs diterima dulu y baru boleh dftar beasiswa,?

Posting Komentar

abcs