Jogjajamming 2009 (Biennale Jogja - X 2009)

Lokasi: Taman Budaya Yogyakarta, Gedung Bank Indonesia Yogyakarta, seputaran nol km Malioboro
Waktu: Desember, 2009
With   : 1. Teman-teman "sepermainan", Wulan Nur Jatmika, Titik Dwi Kurniawati, Melisa Pramesti Dewi
            2. Teman-teman "semacam sepermainan", Mirna Jatiningrum, Sita Desti Betari, Rhama Patria Bharata, Ikhsan Permadi Kusumah, Septian Gilang Permana Putra, Matin Nuhamunada

Kembali ke Pameran Seni, saya jadi ingat sebuah pameran seni setahun yang lalu, masih di Taman Budaya Yogyakarta dan sekitarnya, yaitu BIENNALE JOGJA - X JOGJAJAMMING. Ini pameran yang cukup spektakuler mengingat "barang seni yang dipajang" tidak hanya diletakkan indoor, tapi juga "teng jelentrek" terpampang outdoor di seputaran Malioboro hingga kawasan 0 km. Seperti contohnya, closet kuning tinggi yang dipampang di depan gedung BI (hingga sekarang) maupun lukisan segede dinding gedung BI dan gedung samping istana negara (saking gedenya bisa buat mbungkus rumah saya jadi kado mungkin -- sayang nggak saya potret).

Saya pertama menyadari ketika berangkat sekolah (karena setiap berangkat sekolah saya lewat 0 km) dan akhirnya saya dan teman sepermainan ini memutuskan siangnya langsung cabut ke TKP nonton-nonton.

Kemudian baru tahulah kami ada pameran tersebut dan baru tahulah kami kalau pameran dalam gedungnya belum dibuka dan baru tahulah lagi kami bahwa pameran ini akan diresmikan menteri kebudayaan dan pariwisata, bapak Jero Wacik, yang saat kami sibuk foto-foto di luar beliaunya lagi meninjau ke dalam arena pameran.

atas: berhasil foto sama (mobil) RI 34
bawah: beberapa karya seni di km 0

Terus beberapa minggu kemudian saya mengajak teman-teman "semacam sepermainan" saya ini untuk nonton pameran, dan beginilah hasilnya
beberapa karya seni yang dipamerkan di luar, banyak patung McD yang dimodifikasi (atas) ada juga patung anjing kepala manusia (bawah) yang ekornya bisa gerak sendiri

ada semacam wall of fame berisi sponsor sebelum masuk gedung, juga ada patung Obama naik becak

beberapa karya seni yang ditampilkan di dalam gedung
mejeng sebentar di TBY

Selesai nonton di TBY, kami ke Bank Indonesia untuk menonton karya seni lain, tapi masih dalam rangkaian Jogjajamming

foto-foto di Bank Indonesia

FYI, Pameran Biennale Jogja ini diadakan tiap tahun, jadi jangan khawatir buat yang tahun lalu belum sempat nonton, sempatkanlah nonton tahun ini, nanti saya kasih info lagi ;)

Terima kasih saya ucapkan pada Jogja atas moment yang berharga ini, karena saya bisa kumpul sama teman-teman mawut saya, yang (ternyata) semua berpisah di kuliahan. Saya Teknologi Informasi Fak Teknik UGM, Sita Farmasi Unair, Mirna FTI ITB, Rhama Pendidikan Dokter UGM, Nuha Biologi UGM, Gilang STEI ITB, Ikhsan Ilmu Komputer FMIPA UGM. Kepisah semua, kasihan para gaplek ini:
yang notabene sudah pada solmetan semenjak SMP dan siapa sangka satu sekolah di SMA walau SMP nya beda-beda. Saya salut dan inspired banget sama persahabatan empat anak ini. Rham, San, Lang, Ha, jo GR :p
0 Responses

Posting Komentar

abcs