Naik Bus dan Kereta di Bandara (Hanya Ada di Jogja)


Foto di atas saya ambil di sebuah tempat. Saya berdiri menghadap utara kemudian menjepret. Sedetik kemudian saya menghadap selatan kemudian menjepret. Tempat apakah itu? Ya, di foto sudah cetho, ADISUTJIPTO INTERNATIONAL AIRPORT. Mungkin Bandara Adisutjipto Yogyakarta adalah satu satunya bandara di Indonesia yang mana ketika kita menyebut kalimat "saya akan ke bandara" definisinya bisa "saya akan naik kereta" atau "saya akan naik bus trans". Sungguh bandara yang random.

NB: saya ngga maksud sama sekali promosi IM3

Selamat datang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang terletak di Jalan Solo km 9, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Bandara yang sangat amat kecil. Bandingkan dengan Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yang dari jalan besar masuk terminal kedatangan makan sekitar 1-2km, Bandara Adisutjipto cuma butuh 100 meter. Didukung dengan landasan pacu yang terhalang bukit Boko, rasanya memang mustahil bandara ini diperbesar, dan jadi bandara yang benar-benar Internasional (saya pikir kata INTERNATIONAL dalam nama ADISUTJIPTO INTERNATIONAL AIRPORT hanya didasarkan karena bandara ini melayani penerbangan langsung ke KL dan Singapore -.-)


Oke, mau pilih yang mana? Pertama saya masuk bandara dahulu lewat bypass, semacam lorong bawah tanah yang baru dibuka tahun 2008 kemarin untuk mempermudah penggunanya, biar nggak kelamaan nunggu kereta yang lewat.


Kedua saya ke Stasiun Maguwo untuk nyatat jadwal kereta Prameks dan Joglosemar. Stasiun Maguwo adalah satu-satunya stasiun yang berada dalam BANDARA di INDONESIA. Boleh bangga nih orang-orang Jogja, secara kalau kita menengok negara-negara sebelah dan negara-negara yang maju, mereka sudah menyediakan kereta untuk transportasi dalam bandara. Bedanya, mereka memang sengaja menyediakan kereta karena di bandara tersebut terminalnya berjauhan jadi harus naik kereta biar cepat. Kalau di Adisutjipto ini bukan sengaja dibuat relnya, tapi emang karena dari jaman Belanda pekak ra penak itu bandara ini udah dilewatin rel kereta -,-



And the last, saya ke halte trans jogja bandara Adisutjipto. Ada aspal merah, itu semacam red carpet antara bypass bandara sama halte, biar narik kopernya gampang mungkin. Saya kesana dengan 3 tujuan: ambil helm yang ketinggalan, beli pulsa reguler card saya, sama ke Cokro 10 (panggilan sayang saya semenjak jadi alumni untuk sekolah saya tercinta, SMA 1 Jogja :3). FYI, halte ini tempat berhenti sementaranya TJ jalur 1A Prambanan, 1A kota, 1B, 3B, 3A. Pepak.

Kalo boleh sedikit cuap-cuap, saya sih seneng-seneng aja di Bandara yang kecil ini banyak akses transportnya, jadi dari bandara bisa langsung ke Solo, Semarang, naik kereta, atau keliling Jogja pake TJ. Sepengamatan saya, ini sangat positif terhadap pariwisata Jogja. Dari Bandara ke tempat menginap gitu lebih hemat kan kalo pake TJ dibanding taksi? Positivnya lagi, saya jadi sering banget ketemu turis asing di TJ 1A yang dari dan ke bandara. Lumayan. Vitamin A. 

Penasaran seperti apa rasanya? So come and visit Jogja :D

8 Responses
  1. sebut saja blog.. Says:

    ngaaak ngaaak...

    kameramu apik mon... itu kereta yang difoto lagi jalan to?

  2. Nurvirta Monarizqa Says:

    iya ram... tapi nek gitu emang biasanya lagi bejo wae ram... (haha)

  3. Dien Astuti Rahmawati Says:

    wah jadi tertarik untuk mengexplore jogja lebih dalam..
    aku baru nyoba naek tj ke kotagede dari tamanpintar kemudian kembali ke shelter smp 5,hehe..

  4. Nurvirta Monarizqa Says:

    iya dienaro, jogja bagus lo, sekali-kali naik TJ satu puteran din, tar kalo butuh guide sms aja akyuu (malah promosi)

  5. Anonim Says:

    info dung, klo dr bandara adi sutjipto mo k semarang, paling gmpg naek ap n gmn rute na?
    please reply to: ueto_strawberry@yahoo.com
    tenkyuuuu..

  6. agen tiket pesawat Says:

    Salam kenal sob, Jogja memang benar2 Istimewa. Segala keunikannya ada.

  7. Anonim Says:

    Mohon bantuan infonya, kalau dari bandara adi sutjipto mau naik kereta ke semarang bisa tidak ya? naik kereta apa dan berapa lama perjalanan? thanks before :)

  8. Nurvirta Monarizqa Says:

    Dulu ada,namanya kereta Joglosemar dan bisa sampai Semarang, tapi kalau sekarang saya kurang tahu, mohon maaf :(

Posting Komentar

abcs