Rute Bis Kota Yogyakarta


Hwaaaa lama banget nggak blogging, ini semua karena udah lumayan sibuk kuliah (kuliah?), ospek dan lain-lain. Tapi posting ini nggak akan ngomongin tentang kisah ospek saya kemarin, saya cuma mau share Rute Bis Kota Yogyakarta. Kenapa saya nulis tentang ini? Karena request teman-teman baru saya di kuliah, yang dari luar Jogja, yang nggak bawa kendaraan sendiri, yang nggak tahu rute bis kota Jogja, yang nggak mau malu karena nyasar. Dan kebetulan banget, sampai sekarang saya masih menjadi konsumen bus kota ini (meski nggak sesering jaman SMP, karena sekarang udah ada trans jogja :p), jadi harus hapal jalur kalau nggak mau kesasar. Okelah nggak usah panjang-panjang lagi, check this out!

GAMBARAN UMUM BIS KOTA JOGJA

taken from:

Di kota Jogja, yang dioperasikan sebagai angkutan umum massal dalam kota adalah bis kota (selain trans jogja). Bentuknya bis sedang, tidak seperti mikrolet atau angkot yang biasa kita temui sebagai angkutan massal di kota Bandung atau Malang (kecuali jalur 16 dan jalur 17). Nah, ada beberapa koperasi bis yang menyediakan layanan angkutan bis kota ini, antara lain kobutri (kuning), kopata (oranye, seperti pada foto), puskopkar (putih-biru), damri (putih-biru, biasa dipakai untuk jalur 15) dan aspada (biru).

Tarifnya 2500 rupiah untuk umum dan 1500 rupiah untuk pelajar berseragam. Bis ini nggak punya halte atau pemberhentian khusus selain terminal, jadi kita bisa memberhentikan bis ini si mana saja. Ini yang kadang bikin sebel pengguna jalan lain karena kadang bis mendadak berhenti -,-

Secara fisik, ada bis yang masih baru, ada pula yang lama, tapi kebanyakan emang bis lama sih, bis tetanus kalau saya bilang (karena penuh karat). Tapi full AC (angin cendela maksudnya) dan cukup nyaman lah untuk angkutan jarak dekat (dinyaman-nyamanin maksudnya)

Dahulu, jalur yang disediakan ada 19 buah, jalur 1 sampai jalur 19. Namun sekarang, tidak semuanya beroperasi, yang sudah tidak beroperasi antara lain jalur 1, 8, 11, 13, 14, 18

RUTE JALUR BIS KOTA JOGJA
saran: downloadlah/ belilah peta Jogja terlebih dahulu kalau nggak hapal jalan

1. JALUR 2
Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Jl. Menteri Supeno — Jl. Kol. Sugiono — Jl. Sisingamangaraja — Ring road selatan — Jl. Parangtritis — Jl. Brigjen Katamso — Jl. Suryotomo — Abu Bakar Ali — Jl. Suroto — Jl. Cik Di Tiro — Lingkar UGM (masjid kampus, kehutanan, teknik, sarjito, jl kaliurang, jl terban) — Kembali dengan rute yang sama
jalur 2
2. JALUR 3
Terminal Giwangan — Ring road selatan — Jl. Sisingamangaraja — Jl. Kol. Sugiono — Jl. Tamansiswa — Jl. Gayam — Jl. Kenari — Jl. Ipda Tut Harsono — Jl. Adisucipto — Jl. Gejayan/Jl. Affandi — Ring road utara — Jl. Kaliurang — Lingkar UGM (teknik, sarjito, jl kaliurang, jalan terban, masjid kampus, kehutanan) — Kembali dengan rute yang sama
jalur 3
3. JALUR 4
Terminal Giwangan — Ring road selatan — Ngangkruk — Gd. Kuning — Jl.Kusumanegara — Jl. Suryotomo — Jl. Suroto — Lingkar UGM (masjid kampus, kehutanan, teknik, sarjito, jl kaliurang)— JL. C.Simanjuntak — Jl. Jend. Sudirman — Jl. P. Mangkubumi — Jl. Malioboro — Jl. P.Senopati — Jl. Kusumanegara — Gedong Kuning — Ring road selatan — Terminal Giwangan
jalur 4
4. JALUR 5
Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Pojok Beteng Wetan — Jl. Parangtritis — Jl. Mangkuyudan — Jl. Panjaitan — MT Haryono — Jl. Wahid Hasyim — Jl Bhayangkara — Tent. Pelajar — Jl. Magelang — Terminal Jombor — Ring road utara - Lingkar UGM (teknik, sarjito, jl kaliurang, jalan terban, masjid kampus, kehutanan) — Kembali dengan rute yang sama
jalur 5

5. JALUR 6
Terminal Giwangan — Jl. Gambiran — Jl. Veteran — Jl. Kusumanegara — Hayam Wuruk — Yos Sudarso — Wahidin — Yohanes — Lingkar UGM (masjid kampus, kehutanan, teknik, sarjito, jl kaliurang, jl terban) — Kembali dengan rute yang sama
jalur 6
6. JALUR 7
Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Jl. Perintis Kemerdekaan — Jl. Gambiran — Jl. Veteran — Janti Gedong Kuning — Janti — Jl. Adisucipto — Jl. Gejayan/Jl. Affandi — Ring road utara — Lingkar UGM (teknik, sarjito, jl kaliurang, jalan terban, masjid kampus, kehutanan) — Kembali dengan rute yang sama
jalur 7

7. JALUR 9
Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Ngeksigondo — Gedong Kuning — Jl. Kusumanegara — Tamansiswa — Pojok beteng Wetan — Jl. Brigjen Katamso — Jl. P. Senopati — Jl. KHA Dahlan — Jl. Wahid Hasyim — Patangpuluhan — IKIP PGRI — Jl. Wates — Ring road selatan — Jl. Bugisan — Jl. S. Parman — Jl. KHA Dahlan Pojok beteng Wetan — Jl. Tamansiswa — Jl. Suryopranoto — Mangunsarkoro — Jl. Kusumanegara — Gedong Kuning — Ngeksigondo — Jl. Pramuka — Terminal Giwangan

8. JALUR 10
Terminal Giwangan — Ring road selatan — Rejowinangun — Kebun Raya — SGM — Aipda Jl. Ipda Tut Harsono — Jl. Kenari — Bausasran — Mataram — Abu Bakar Ali — Atmo Sukarto — Kusbini — Langensari — Munggur — Jl. Adisucipto — Kledokan — Babarsari — RR Timur — Terminal Condong Catur — RR Timur — Babarsari — Kledokan — Jl. Adisucipto — Urip Sumoharjo — Jl. Suroto — Mataram — Hayam Wuruk — Bausasran — Jl. Kenari — Jl. Veteran — Jl.Gambiran — Terminal Giwangan
jalur 10

9. JALUR 12
Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Jl. Pandean — Jl. Glagah Sari — Jl. Kusumanegara — Sultan Agung — Jl. KHA Dahlan — Cokroaminoto — Tent. Pelajar — Borobudur Plaza — Jl. Wolter Monginsidi — Lingkar UGM (masjid kampus, kehutanan, teknik, sarjito, jl kaliurang) — Jl. Wolter Monginsidi — Borobudur Plaza — Tent. Pelajar — Cokroaminoto — Jl. KHA Dahlan — Sultan Agung — Jl. Suryopranoto — Mangunsarkoro — Jl Kusumanegara — Glagah Sari — Jl. Veteran — Jl. Pramuka — Terminal Giwangan
jalur 12

10. JALUR 15
Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Jl. Sisingamangaraja — Jl. Menukan — Jl. Mangkuyudan — Gading — Pojok beteng Timur — Jl. Brigjen Katamso — Ibu Ruswo — Jl. KHA Dahlan — Jl. Wates — Ps. Gamping — Sidoarum — Jl. Godean — Pingit — Jl. Wolter Monginsidi — Jetis — Lingkar UGM (masjid kampus, kehutanan, teknik, sarjito, jl kaliurang) — Kembali dengan rute yang sama
jalur 15

11. JALUR 16
Terminal Giwangan — Tegalturi — Jl. Sisingamangaraja — Jl. Menukan — Jl. Parangtritis — Jl. Brigjen Katamso — Jl. Suryotomo — Shopping — Jl. P. Senopati — Sultan Agung — Jl. Suryopranoto — Sukonandi — Jl. Kusumanegara — Jl. Cendana — Jl. Kenari — Jl. Ipda Tut Harsono — Jl. Adisucipto — Jl. Gejayan/Jl Affandi — Terminal Condong Catur (PP)
jalur 16

12. JALUR 17
Terminal Condong Catur — Jl. Gejayan/Jl. Affandi — Colombo — Yohanes — Jl.Jend. Sudirman — Tugu — Jetis — Borobudur Plaza — Pingit — Samsat —Suprapto — Wirobrajan — Tendean — Jl. S. Parman — Pojok beteng Kulon — Pojok beteng Wetan — Jl. Tamansiswa — Jl. Suryopranoto — Mangunsarkoro — Jl. Kusumanegara — Jl. Veteran — P. Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Pramuka — Terminal Giwangan — Jl. Pramuka — Jl. Veteran — Jl. Kusumanegara — Jl. Tamansiswa — Pojok beteng Wetan — Pojok beteng Kulon — Jl. S. Parman — Wirobrajan — Jl. Bhayangkara — Pingit — Borobudur Plaza — Jetis — Tugu — JL. C. Simanjuntak — Terban — Colombo — Jl. Gejayan/Jl. Affandi — Terminal Condong Catur
jalur 17

13 JALUR 19
Terminal Jombor — Ring road barat — Jl. Godean — Kyai Mojo — Tugu — Jl. P.Mangkubumi — Jl. Malioboro — Jl. KHA Dahlan — Wirobrajan — Jl. HOS Cokroaminoto — Jl. Godean — Ring road barat — Terminal Jombor

nb: seluruh peta interaktif captured from here. Just click if you want more information.

Jadi, sekarang jangan takut nyasar keliling Jogja pakai bus kota, lebih irit kan daripada naik taksi? :p
Have a nice trip!
21 Responses
  1. dza.talidhut Says:

    JALUR 4 IS THE BEST!!!

    Saran buat yang baru mau nyoba bis kota, kalau males ngapalin coba aja keliling-keliling tes gitu, atau merhatiin di jalan-jalan yang kalian lewati biasanya ada bis apa yang lewat, misalnya di depan kampus atau kos-kosan kalian sendiri atau punya temen apa aja yang lewat deket situ, lumayan manjur lho (buat aku)

  2. fatimahfapud - فاطمة Says:

    (applause) wah, nek ana sing nyediakke jalur angkot bandung ky kwe ngene ki aku r bakal nyasar" d kota kembang mon .. (okok)

  3. Nurvirta Monarizqa Says:

    dza: saran oke :)
    faput: hahaaa kowe le gawe put....

  4. Anonim Says:

    sumpah guna bangeett,
    makasiiih :)

  5. Anonim Says:

    Matur sembah nuwun.

  6. nurrahma fitri Says:

    supeeeerrrr sekali..maturnuwun ya mba..infonya bermanfaat bgt terutama buat orang baru di jogja ky aq ini ;p

    salam kenal

  7. Anonim Says:

    wow this is awesome! Thank you for putting these maps online. I find them very useful. Could you please post higher resolution versions? The labels are unclear.

  8. rahmatmh Says:

    Ngerti sih jalan2nya tapi maksud peta itu apa.. kok ada garis yg warna putih, ada bunder2, sama tulisannya ga jelas sayangnya.. :(

  9. _naga cuiLik_ Says:

    sangat membantu sekali, namun data ingin tahu sumber jalurnya dari mana ya? hehehe di jalur 16 Ada "shopping" itu apa ya? mohon bantuan informasinya :)

  10. Nurvirta Monarizqa Says:

    sudah saya cantumkan di posting saya darimana sumbernya :)
    shopping itu kios buku Taman Pintar

  11. _naga cuiLik_ Says:

    Saya naga cuilik, terimakasih yaa atas infonya. Oh iyaa jalur 9 itu masih aktif atau tidak ya?

  12. _naga cuiLik_ Says:

    Oh gitu wah terimakasih banyak. Oh iya saya ingin bertanya lagi. Apakah jalur 9 ini masih beroperasi ?. Jika dilihat dari web aslinya ada jalur 1-17 namun di jalur 9 ini memang tidak ada gambarnya. Jalur 19 apakah baru ?

  13. Nurvirta Monarizqa Says:

    jalur 9 masih ada tapi saya emang gak punya gambarnya. 19 dari dulu sudah ada

  14. _naga cuiLik_ Says:

    Oh begitu yaa, barusan saya telp dishub diy untuk bertanya malah dipersulit harus kesana lah, membawa surat izin pengambilan data lah, padahal hanya bertanya jalur yg masih aktif kebetulan saya tinggal dijakarta (╥_╥). Berarti memang diweb dishubnya tidak lengkap ya

  15. _naga cuiLik_ Says:

    sebagai rasa terimakasih saya, ini saya buatkan aplikasi berbasis android untuk rute bus umum yogyakarta buatan saya sendiri berdasarkan blog anda namun tidak saya cantumkan jalur 19, karena lupa hehehehe. kebetulan aplikasi ini untuk penulisan ilmiah saya hehehehe. semoga dapat bermanfaat :D

    http://www.4shared.com/android/z-_dD-Gp/tabMenu.html

  16. pinah Says:

    terima kasih artikelnya. dari sini, aku langsung meluncur ke situs dishub. keren ternyata, ada animasinya :D

  17. Anonim Says:

    oh ternyata yogya punya angkot juga, soalnya slama ini saya trima informasi dr beberapa teman yg tinggal disana di yogya di yogya ga ada angkot kalopun ada hanya seputar di tengah kotanya saja ga sampai ke wilayah barat, timur, selatan dan utara, jadi mereka sarankan lebih baik punya kendaraan sendiri minimal sepeda motor. Tapi ya saya masih ragu juga apakah info keberadaan angkot tsb msh bisa dipegang krn data yg ada di foto kan tahun 2010 dan lagi pula ditahun 2010 saja sdh banyak rute yg tdk lagi eksis. Apa ada yg bisa membenarkan memang angkot di yogya sangat minim bahkan cenderung sdh tdk beroperasi lagi?

  18. Anonim Says:

    Sayangnya sekarang sudah tidak ada Jalur 12 jad agak sulit bila ingin ke SMA 1 Yogyakarta (TELADAN)

  19. Caroline Gie White Says:

    Nice info..desember bsk mau k jogja..tp ttp ga tau nih kalo mau ke jl ngadinegaran mantrijeron dr st tugu naik bis jalur brp ya?? Thx..^^

  20. Nastiti Anung Says:

    Klo dari bantul ke jalan kyai mojo gmn ya?

  21. Nastiti Anung Says:

    Klo dari bantul ke jalan kyai mojo gmn ya?

Posting Komentar

abcs