Sumpah Pemuda!

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Lengan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang KEWAJIBANMULAH
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Alfred Simanjuntak

Saya hapal lagu ini zaman SD, waktu SD saya drumband salah satunya pakai lagu ini. Kalau dicerna, ternyata lagu ini sangat dalam maknanya. Begitu besar harapan para pembangun negeri ini terhadap peran kaum mudanya. Mengapa harus kaum muda? Karena pemuda adalah generasi yang masih hanif, generasi peralihan antara anak ke dewasa, yang semangatnya masih menggebu. Generasi tanpa pamrih. Generasi yang masih berpikiran jernih (walaupun kadang masih belum dewasa), belum berorientasi ke materi bahkan jabatan dan kedudukan.

Di masa perjuangan, pemuda-lah yang banyak ambil andil hingga negara ini terbentuk. Dulu pemuda nampaknya sangat gampang sekali untuk bersatu, beda dengan pemuda sekarang. Pemuda masa kini banyak yang lupa dan lalai akan kewajibannya yaitu seperti tercantum pada lagu di atas, meskipun saya nggak maksud meng-homogenkan semua pemuda Indonesia. Alasannya saya bilang begitu banyak, dan bisa dilihat di blog teman saya di sini

Sedih memang kalau melihat realita yang ada. Lalu apa yang harus kita lakukan? Ya membuat Indonesia lebih baik di bidang kita masing-masing. Berdedikasi di bidang kita masing-masing, dan berprestasi di bidang tersebut. Indonesia sedang butuh generasi muda yang berkualitas teman-teman, untuk itu saya pribadi sebagai pemudi mengajak teman-teman untuk sama-sama bahu membahu meningkatkan kualitas diri bersama-sama, sehingga nantinya kita bisa meningkatkan kualitas negara ini bersama-sama pula :)

28 Oktober 2010, Selamat Hari Sumpah Pemuda! 
4 Responses
  1. Dien Astuti Rahmawati Says:

    mona, aku mengikuti blogmu.
    terimakasih ya atas ide dan semangatnya.
    keren, aku suka.

  2. Ikhsan Permadi Says:

    weh, ada link-ku(woot)

  3. Yan Restu Freski Says:

    aku mbiyek dikon dadi pemimpin upacara pas sumpah pemuda ning SD. upacaranya sukses. Haha... lagune podho karo sing nduwur kuwi. Haha... dadi ya apal diluar kepala (=lupa). :p

  4. ipho Says:

    "beri aku 10 pemuda, maka akan ku guncang dunia"
    (soekarno)

Posting Komentar

abcs