Kemana 1000-nya Lagi?

Saya barusan di SMS seorang kawan, inti isinya begini:

Tolong pecahkan kasus berikut:
Saya ingin punya baju tapi saya tidak punya uang, terus saya pinjam sama anda 25 ribu dan sama teman anda 25 ribu juga, total 50 ribu. Terus saya beli baju harganya 47 ribu. Untuk mengurangi utang saya, uang 3 ribu kembaliannya saya pakai bayar utang, 1 ribu untuk anda, 1 ribu untuk teman anda, dan 1 ribunya lagi saya ambil. Jadi utang saya tinggal 24 ribu di anda, 24 ribu di teman anda, dan 1 ribu yang saya bawa. Total semua utangnya = 24 + 24 + 1 ribu yang saya bawa = 49 ribu.
Kan harusnya 50 ribu, lah kemanakah yang 1 ribu rupiah lagi???

Tetoooooooooot, saya yang sering ngutang bawa duit langsung kepikiran loh jawabannya, teman saya tersebut sudah saya kirimi jawabannya, cek aja kalau nggak percaya, tapi buat seru-seruan, nggak saya bocorin sekarang, saya kasih pembahasannya 1 minggu lagi :p

Buat orang pertama yang bisa menjawab dengan benar, dengan langkah yang runtut dan mudah dipahami (dijawab di komentar bawah postingan ini tentunya. Jangan khawatir dicontek, semua komentar dimoderasi dulu, jadi nggak akan saya tampilin sebelum kunci jawabannya saya sebar), saya kasih hadiah menarik, sebuah tempat pensil dari bahan resleting, jadi jika menjawab, cantumkan email yang bisa dihubungi yaa :D
4 Responses
  1. Hasna Khairunnisa Says:

    1 ribu yg dibawa kan berarti uang hutangan, jadi termasuk ke 24+24=48 ribu.
    terus yg 2 ribu (50-48) itu hutang yang udah dibayar.
    jadi ga ada yang ilang, 48+2=50 ribu.
    bener gak mon ? -_-a

  2. fahmisme Says:

    Jawaban Ujang Fahmi feat Yan Restu Freski, fresh from Jakarta:

    YANG SERIBU LAGI DIKORUPSI MONAAAAA!!! JAHAT BEUT!

    Penjelasannya:
    seharusnya hutang yang sesuai dengan harga baju juga dibagi 2 dulu. Jadi, 47rb dibagi 2 = 23,5rb. Bukan 24 ribu. Nah, yg seribunya itu sudah otomatis kehitung di piutangnya. Jadi, kembalian 3rb itu jika dibagi 2 kan 1,5rb.

    Jelasnya, 23,5+1,5=50. Lengkapnya, 23,5+23,5+3=50.

    Komentar yan: emang mona suka nipu org ya? Kok terampil banget nipunya. Soalnya logis juga sih..

    Komentar Ujang F: ahaan ini mona - tapi logikanya suatu saat sangat dibutuhkan untuk menggarap proyek, aku usulkan kamu jadi bendaharanya mon, mesti ga akan pernah rugi. xixixixixi..

  3. Muhammad Ikhwan Aef Anas Says:

    tidak gitu...

    kan hutangnya 50 ribu, berarti secara tidak langsung uang 50 ribu udah jadi milik kita. nah, karena sisa 3 ribu, maka untuk bayar hutang 1000*2=2000. yang 1000 sisanya merupakan uang kita,
    maka hutang ke orang pertama: 24000
    hutang ke orang ke 2: 24000
    total 48000. Nah, 2 ribunya udah dibayar tadi.

    ini kasusnya sama seperti kalo kita hutang, terus uang sisa kita ambil dan kita bayarnya pake uang sendiri. sehingga 1000 nya tidak dihitung sebagai hutang, karena itu merupakan hak hutang {uang} kita.

    email: anaz_filatelis@yahoo.com

Posting Komentar

abcs