Mengungsi Ke Jakarta 1 (OSNPTI 2010)

When? 1-5 November 2010
What? OSNPTI 2010
Where? Jakarta: Pertamina Learning Center Simprug

Kenapa judulnya mengungsi? Karena kalau ditanya orang

"Loh kamu ngapain Mon ke Jakarta?"
"Ngungsi"

Itu jawaban saya. Yap, kepergian saya ini bertepatan dengan kalapnya Gunung Merapi sehingga mengeluarkan erupsi kemana-mana. Lihat postingan saya tentang hujan abu, itu hanya dua hari sebelum saya berangkat ke Jakarta :o

Perkenalkan, saya adalah seorang peserta OSNPTI 2010 tingkat nasional bidang matematika, sebuah lomba yang saya ikuti hanya dengan iseng-iseng, dan di tiap tahapannya tidak melakukan persiapan khusus. Penyisihan propinsi saja saya sangat nggak yakin lolos karena hanya bisa menjawab kurang dari 50% soal. Apalagi di semifinal dan final propinsi. Status saya sedang sakit radang+demam berat dan sedang menjadi buronan ospek jurusan. Sangat nggak habis pikir (selain hanya berpikir bahwa ini rencana Allah) kenapa saya bisa juara 1 propinsi hingga lolos mewakili DIY ke nasional.

Okelah, mungkin Allah sedang menguji saya. Saya nggak pernah terpikir akan ke Jakarta dalam waktu dekat. Untuk itu saya excited sekali karena motivasi saya adalah pasti saya besok akan ke Dufan, tempat yang saya idamkan sejak stress UAN kelas 3 SMA lalu (motivasi bodoh).

Jadilah saya berangkat tanggal 1 November 2010, di tengah hiruk-pikuk erupsi Merapi. Saya inget banget waktu saya lihat Jogja dari ketinggian ribuan kaki di atas tanah tersebut. Semua krem, seperti miniatur dari kardus karena terkena hujan abu. Saya nyesel lagi gak ngantongin kamera jadi gakbisa potret-potret.

Nah, sampai di Jakarta, masalah saya muncul. Saya berkenalan dengan banyak teman dari 32 Propinsi lain di Indonesia dan baru menyadari bahwa SAYA ADALAH WAKIL UGM juga. Banyak teman yang kemudian berkomentar "Wah anak UGM ya? Pasti menang deh" "Anak UGM pasti ya? Hebat..." dan bla bla bla. Jujur itu membuat saya realize bahwa saya membawa nama sebuah universitas besar, sebuah universitas ternama, universitas favorit sehingga tidak boleh sembarangan dalam "membawa" nama universitas ini. Seketika saya menyumpahi diri saya sendiri kenapa tidak persiapan maksimal dan menyumpahi juri mengapa memilih saya yang notabene sangat JUNIOR dan bukan berlatar belakang jurusan matematika seperti kebanyakan teman saya dari propinsi lain tersebut. Oke, disini saya mulai terbebani.

suasana saat akan tes tertulis

Kami tes tertulis terlebih dahulu untuk menentukan peserta yang akan maju ke babak 9 besar (semifinal). Di sini saya hanya paham 2 soal sehingga saya juga hanya ngerjain 2 dari 4 soal yang diberikan. Oke. Kesalahan pertama. -__-


Photobucket
Photobucket
foto-foto kunjugan ke Depot Plumpang, Depot Elpiji dan Pelumas Pertamina di Tanjung Priok

Setelah selesai tes kami melakukan kunjugan ke depot-depot pertamina. Er... menambah wawasan tapi jujur durasinya kelamaan. Mau bagaimana lagi karena ini gawe-nya pertamina [:| Tapi efek sampingnya adalah kami batal ke Dufan! Sebuah hal yang membuat saya langsung terdiam beberapa jam. Tujuan utama saya ke Jakarta sirna sudah. Sediih.. banget.... rasanya.....

Photobucket
foto kiri atas: semifinalis all bidang, foto kiri bawah: squadnya UGM, mas Imam (Biologi), saya (matematika), mas Wahyu (fisika), mas Setya (kimia). Ternyata mas Imam dan mas Setya Teladan 2007! Jadi ada 3 Teladan di sini :3

Oke, satu hal yang menghibur saya adalah ternyata saya lolos semifinal. Walau presentasi saya kacau karena di awal saya ada kesalahan teknis parah sehingga itu mengganggu konsentrasi saya. Maaf UGM, saya bukan seorang pembawa nama UGM yang baik :( semoga hanya untuk saat ini, lain kali akan saya perbaiki :)

Photobucket
suasana final

Photobucket
sedikit jalan-jalan: Plaza Senayan, Monas, Istiqlal

Photobucket
penutupan di Gedung Pertamina Pusat, ada yang bisa menemukan none Jakarta? ada yang bisa menemukan Tompi? ada yang bisa menemukan wakil Mendiknas? ada yang bisa menemukan Winda Viska? ada yang bisa menemukan saya :p?

Juara 1 bidang matematika adalah Stefi Rahmawati (Universitas Indonesia-DKI), disusul Irwansyah (Universitas Mataram-NTB) di juara 2 dan juara 3 nya M Syifa'ul Mufid (Institut Teknologi Sepuluh November-Jawa Timur). Sementara dari UGM sendiri ada Mas Imam yang juara 1 Biologi dan Mas Setya yang juara 2 Kimia.

Ya, banyak hal yang saya dapatkan dari lomba ini meski saya nggak menang. Teman-teman yang seru, panitia yang sangat cantik-cantik, pengetahuan tentang pertamina, pengalaman berkompetisi, pelajaran bagaimana seharusnya membawa nama besar sebuah universitas, persahabatan dan kejujuran pastinya ;)

Perlu berkompetisi, untuk menjadi seorang energi terbaik :)
7 Responses
  1. Anonim Says:

    mas Setya juga Teladan 2007...

  2. Nurvirta Monarizqa Says:

    loh ya memang, makanya saya bilang Teladan-nya ada 3 (saya, mas Imam, mas Setya), begitu... hehe... :) anak Teladan juga-kah?

  3. Melisa Pramesti Dewi Says:

    ada mas Setyaaaa :3
    IPnya 3.98 buung :3 :3
    idolanya tekim 2010 :3 :3

  4. Nurvirta Monarizqa Says:

    haks haks haks haks, aih melisaaaa :3

  5. Yan Restu Freski Says:

    aku nggak nemu wakil mendiknas, tompi. Tapi aku nemu seseorang yang pake jilbab hijau laut. Siapa ya dia? (thinking sambil mesam mesem)

  6. Nurvirta Monarizqa Says:

    aduh masak nggak liat tompi yan -,-
    jangan-jangan kamu nggak nemu karena nggak tahu muka mereka berdua -,-

  7. izal_classer Says:

    emang nya yang bayarin klo bloh tawu spa ya..............
    gratis pa........................... byar sendiri

Posting Komentar

abcs