Perbedaan Antara Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Ini adalah salah satu pertanyaan yang susah saya jawab, apalagi kalau ditanyakan oleh adik-adik kelas XII SMA yang galau memilih prodi untuk kuliah

"Mbak, bedanya Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer apa?"

dan jawaban standar saya adalah..
"Beda fakultas"

Gubrak... Honestly, walau saya berbulan-bulan kuliah di TI, saya memang belum begitu faham apa beda dua prodi ini, yang saya tahu TI lebih murah, jadi saya masuk sini *jangan ditiru*.

Akhirnya saya berdiskusi dengan kakak-kakak angkatan saya, dan saya mendapat pencerahan dari sebuah notes facebook yang ditulis oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi tempat prodi saya bernaung (saya sudah izin kopas)

Apa bedanya Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer (versinya JTE UGM)

by Lukito Edi Nugroho on Friday, November 27, 2009 at 5:09am
Menyambung tulisan saya sebelumnya...

Khususnya buat mahasiswa Prodi Teknologi Informasi UGM, biar anda tidak bingung jika ditanya orang tentang prodi anda, silakan baca tulisan saya yang dulu diajukan saat mengusulkan pembukaan prodi ini.
Semoga bisa mencerahkan...


Menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia, yang mengacu pada definisi dari UNESCO, Teknologi Informasi didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu, teknologi dan kerekayasaan serta teknik-teknik manajemen yang digunakan dalam menangani dan mengolah informasi; penerapan disiplin dan teknik-teknik tersebut; interaksi manusia dan mesin-mesin, serta masalah-masalah sosial, ekonomi, dan budaya yang menyertainya [Nugroho, 1997]. Teknologi Informasi mengkaji pemanfaatan teknologi komputer dan komunikasi data untuk keperluan pengelolaan data, informasi, dan pengetahuan untuk meningkatkan nilai tambah solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi di berbagai bidang/sektor.

Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki pengertian yang mirip dengan Teknologi Informasi. Kata "komunikasi" dimunculkan untuk memberikan penekanan terhadap aspek komunikasi dan jaringan informasi yang memang menjadi faktor kunci dalam pemanfaatan teknologi komputer. Dengan demikian pemilihan kedua istilah/nama tersebut didasarkan pada seberapa kuat keinginan untuk menyatakan pentingnya aspek komunikasi dalam domain pembicaraan.

Nama atau istilah lain yang sering digunakan adalah Teknik Informatika. Teknik Informatika membicarakan tentang tatanan berbagai sumber daya informasi yang berkaitan dengan pengumpulan, penyiapan, pengolahan, penyimpanan, pencarian, dan penyajian serta pendistribusian data dan informasi [Nugroho, 1997]. Fokus kajian adalah pada aspek rekayasa yang mengembangkan "cara-cara" (develop ways).

Dari definisi tentang Teknologi Informasi dan Teknik Informatika di atas tampaklah bahwa cakupan Teknologi Informasi lebih luas dibandingkan Teknik Informatika. Keduanya memiliki fokus utama pada teknologi dalam pengelolaan data dan informasi, tetapi terminologi Teknologi Informasi mencakup juga aspek manajemen proses-proses rekayasa yang dibutuhkan, aspek organisasional yang mewadahi proses-proses rekayasa, serta aspek-aspek non-teknis lain seperti psikologis dan budaya yang muncul sebagai ikutan atau dampak penerapan teknologi. Perbedaan lain dalam hal lingkup kajian adalah masuknya aspek-aspek sasaran terapan dari teknologi itu sendiri. Sebagai contoh, Teknologi Informasi tidak terpisahkan dari sistem-sistem informasi yang digunakan dalam berbagai bidang (bisnis, pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan lain sebagainya).

Menurut Wikipedia, Ilmu Komputer (computer science) adalah sebuah disiplin ilmu yang secara umum membicarakan tentang perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, dan teori-teori yang mendasarinya [Wikipedia, 2006]. Fokus disiplin ilmu komputer adalah pada manajemen kompleksitas dalam pembangunan dan analisis sistem-sistem komputer. Meskipun definisi di atas mengimplikasikan rentang yang luas, tetapi pada umumnya pembangunan perangkat keras dan perangkat lunak lebih dipandang sebagai aspek rekayasa dan diasosiasikan dengan disiplin Ilmu Teknik Komputer dan Teknik Informatika. Bidang Ilmu Komputer sendiri lebih cenderung memasuki ranah komputabilitas yang dicirikan oleh pembicaraan pada aras abstraksi yang lebih tinggi. Komputasi sebagai obyek kajian di ranah komputabilitas didefinisikan oleh ACM sebagai "the systematic study of algorithmic processes that describe and transform information, their theory, analysis, design, efficiency, implementation, and application" [Denning, 1989].

Tidak dapat disangkal antara disiplin Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer terdapat overlap yang cukup besar. Keduanya membicarakan domain yang sama. Perbedaan antara Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer adalah pada fokus penekanan bidang kajian. Teknologi Informasi berakar pada paradigma kerekayasaan (engineering) yang bertujuan "mengembangkan cara-cara" dalam lingkup pengelolaan data dan informasi. Teknologi Informasi mencakup bidang kajian teknologi komputer dan juga penerapan dan pemanfaatannya sebagai alat bantu dalam penyelesaian persoalan-persoalan yang ada (applied perspective). Pendorong (driver) Teknologi Informasi adalah persoalan atau kebutuhan nyata dalam masyarakat. Konsekuensinya, Teknologi Informasi juga berurusan dengan dampak-dampak non-teknis yang terkait dengan penerapan teknologi komputer . Di sisi lain, Ilmu Komputer dikembangkan berlandaskan pada paradigma pengembangan ilmu (science development) yang didorong oleh rasa keingintahuan (curiousity). Seperti telah dijelaskan sebelumnya, meskipun rentang cakupan bidang kajiannya juga luas, Ilmu Komputer berurusan dengan konsep-konsep dengan tingkatan abstraksi yang lebih tinggi. Ilmu Komputer tidak berurusan dengan dampak dari pemanfaatan Teknologi Informasi.

Yap, demikian, semoga bisa memberi pencerahan bagi teman-teman yang akan memilih prodi S1-nya. Sepenangkap saya, yang membedakan TI dan ilkom adalah pola pikirnya, TI belajar how dan ilkom belajar why. Kami dibentuk untuk menjadi seorang "pemakai" ilmu yang dieksplor oleh masyarakat ilkom. Yes, cause we are engineers!

Nb: saya bikin part 2 nya disini
14 Responses
  1. Nurvirta Monarizqa Says:

    eh ada yan... setdaaah, juara baru kita nih... makan2 loh yan :9

  2. Melisa Pramesti Dewi Says:

    kata dosenku, kalo teknik itu emang yang penting adalah "mengembangkan cara-cara" hoho :D

  3. Didud Says:

    secara teorinya begitu, tapi pada prakteknya menurut saya, jawaban standar yang paling benar yaitu Beda Fakultas saja :D

  4. Muhammad Nashiruddin Hasan Says:

    saya juga bingung ketika ditanya murid2 saya tentang bedanya teknik informatika dan ilmu komputer, lalu jawaban standar saya juga BEDA FAKULTAS dan mungkin karena teknik informatika di fakultas teknik, maka lebih aplikatif dan skalanya lebih ke engineering... betul gak tuh dek Mona?

  5. Fauziah Azahra Says:

    miin mau tanyaa, kalau saya sukanya di membuat aplikasi,website atau software itu pasnya masuk mana ya? hhe :D

  6. Nurvirta Monarizqa Says:

    Di mana saja bisa, bahkan ga kuliah pun bisa. Tapi kalo pengen bisa manajemennya ke IT bisa banget :)

  7. Anonim Says:

    mba z mau tanya berpedaan tegnologi komputer itu apa -apa saja...

  8. Anonim Says:

    kalo sama sistem informasi itu bedanya apa gan?

  9. Anonim Says:

    mbak dulu masuk lewat jalur apa? bisa di share gak nilai rapornya?

  10. Rizqy Hidayat Says:

    yeah, makasih udah share ini mbak. lagi bingung antara mau ambil ilkom apa ti. :)

  11. Nurfana Ryan Damara A.K.A Worms Says:

    Mbak aku bingung -_- ???
    TI vs IKom

  12. The Geeks Says:

    Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Poskan Komentar

abcs