Review Jogja: Tempat Beli Buku Murah


Hai Desember, nggak kerasa kita udah sampai ke penghujung tahun. Apa saja yang sudah didapat di tahun ini? Apa saja yang sudah kita raih di tahun ini? Bergunakah peran serta kita setahun kemarin?

Wah berat --' oke, sekarang saya nggak akan membuat posting renungan, saya cuma mau bikin posting review. Ini atas saran dari temen saya yang pengen blog saya juga diisi tentang review Jogja, misal tempat enak buat begini, tempat murah buat begitu, bla bla bla..

Setelah saya pikir bener juga adanya. Saya hobi muter Jogja dan "menjajal" isi Jogja. Akan sangat menyenangkan jika saya men-share kannya ke teman-teman, hehehehe supaya tahu plus minus tempat tersebut, sehingga nggak ketipu..

Oke, kali ini saya mulai dengan memposting tentang TEMPAT BELI BUKU MURAH DI JOGJA

Jogja adalah kota pelajar, kota mahasiswa kalau saya bilang. Puluhan perguruan tinggi ada di Jogja dan membuat Jogja penuh sesak dengan mahasiswa-mahasiswa yang belajar di kota tercinta ini. Belajar tentu nggak lepas dari buku dooong, tapi sayang seribu sayang buku untuk mahasiswa dan pelajar nggak semuanya murah, sebagian besar mahal malah -________-

Beruntung, di Jogja banyak toko buku diskon dengan buku-buku bermutu yang bisa disambangi untuk at least melihat-lihat untuk kemudian motret isinya atau nyatet bab yang dibutuhkan membelinya kalau isinya cocok. Ini menurut saya loh, terserah menurut anda. Kalau ada referensi baru yang bisa ditambahkan boleh juga hubungi saya loooh :)

1. SHOPPING CENTER


Tempat yang satu ini udah melegenda. Terletak di sebelah timur Taman Pintar, tepat di pusat kota Jogja. Meskipun namanya Shopping center, benda yang bisa di-shopping ya buku, he he he... Tempat ini menjual aneka buku, pelajaran, kuliah, umum, novel, komik, baru, bekas, majalah, skripsi, jurnal, dan lain-lain. 
+NYA ADALAAAAAH:
--> Banyak toko, sehingga kita bisa membandingkan harga sampai ketemu yang paling murah
--> Diskonnya bisa sangat besar, saya pernah sampai dapet diskon 30%, itu buku baru
--> Pastinya bisaa NGENYANG atau tawar menawar, heheee apalagi beli banyak  dan ditambah tampang memelas
--> Gratis sampul
--> Buku sosial (akuntansi, psikologi, dll) dan kedokteran melimpah ruah dengan harga sangat terjangkau
-NYA ADALAAAAAH:
--> Parkir bayar 1000 -__-
--> Buku untuk beberapa minat agak kurang lengkap, terutama IT dan atau elektro -___- saya pernah sampai ditanyain penjual saking jarangnya menemukan buku IT, "Nggak salah masuk jurusan po mbak?"
--> Karena berupa kumpulan toko, nggak ada mesin pencarinya, jadi kalau mau sekedar lihat-lihat nggak begitu nyaman
--> Kalau bukunya susah dicari, harus nyari dari kios ke kios, dan itu capek banget

2. TOGA MAS

 
Toga Mas terletak di Jalan Affandi, perempatan ring-road concat ke selatan dikit. Selain itu juga buka cabang di depan XXI (atas Giant Jl Solo) dan di dalam Galeria Mall. Bentuknya toko dan semua buku didiskon, antara 10% hingga 25%. Menjual aneka buku dari komik, novel, buku kuliah, pelajaran, alat tulis, dll.
+NYA ADALAAAAAH:
--> PARKIR GRATIS, heheeee
--> Buku IT banyak macamnya, segala minat kayaknya tersedia melimpah
--> Gratis sampul
--> Ada mesin pencari buku
--> pelayannya ramah banget, mau mbawain kalau kita keberatan
--> selain jual buku baru, juga jual buku bekas
--> tempat nyaman, ada cafenya
--> enak buat sekedar lihat-lihat buku bagus (referensi)
-NYA ADALAAAAAH:
--> emang diskon sih, tapi kalau dibanding sama shopping emang lebih murah shopping. Jadi strategi saya adalah pertama lihat-lihat dulu buku apa yang sekiranya cocok di Toga Mas, terus baru belinya di Shopping, hehehe
--> letaknya yang di timur jalan membuat agak susah untuk meraihnya dari arah selatan Jalan Affandi (Gejayan), karena jalan tersebut ada pembatasnya, jadi harus mlipir... terus yang di atas Giant juga, dia cuma bisa diraih dari arah timur karena jalan tersebut one-way... tapi saya suka soalnya alat tulisnya lucu dan murah....di Galeria juga, tapi kalo di Gale malah bayar parkir dan koleksi bukunya nggak begitu lengkap

3. SOCIAL AGENCY BARU

Ini juga tersebar di mana-mana, di Jl Yohannes, Jl Solo, Jl Kaliurang, Jl Godean setahu saya ada. Bentuknya toko, juga merupakan toko buku diskon, sedia buku pelajaran, umum, novel, dll
+NYA ADALAAAAAH:
--> Buku IT, elektro, komputer cukup banyak dan lengkap
--> Gratis sampul
--> Ada mesin pencari buku
--> Jual LKS juga looooh (lembar kegiatan siswa, biasanya isinya kertas buram, buat latihan anak sekolahan)
-NYA ADALAAAAAH:
--> parkir bayar, hehe
--> tempatnya agak suram dan gelap menurut saya, jadi nggak begitu nyaman untuk melihat-lihat, apalagi kadang sepi, heheee
--> overall saran saya sama kayak  togamas, dilihat dulu, belinya di shopping (kalau ada), kalau nggak ada, terutama buku-buku komputer ya beli aja langsung karena di shopping jarang.

3. KIOS TERBAN

Waaaa, saya udah lama nggak kemari, terakhir jaman SMA awal kayaknya. Letaknya di jalan Kahar Muzakir, Terban. Ingat, jalan tersebut sekarang one way, cuma bisa diakses dari arah timur ke barat. Bentuknya kios-kios, sama kayak shopping
+NYA ADALAAAAAH:
--> tempatnya teduh
--> parkir lima ratus rupiah (dulu sih, nggak tahu sekarang)
--> diskonnya bisa lebih besar dari shopping dan togamas, tapi itu juga pinter-pinternya kita nawar sih, hehe
--> banyak pilihan, karena kiosnya banyak
-NYA ADALAAAAAH:
--> buku nggak selengkap tempat-tempat yang sudah saya sebut di atas, tapi oke lah untuk masalah harganya
--> karena kios dan nggak ada mesin pencari ya harus berjuang nyari plus nawar dari ujung ke ujung, hehe
--> kalau hujan, kita nggak leluasa beli karena tempat berteduhnya sedikit

Ohya, ada satu lagi saran kalau teman-teman memang mencari buku dengan harga yang termurah. Pertama cari dulu buku yang cocok di Gramedia (secara koleksinya paling lengkap), terus baru muter-muter ke empat toko tadi dan tanya harga buku tersebut. Kalau udah baru deh beli di tempat yang termurah (-____-") itu sih ala saya, hehehehe

Happy bookshopping!
8 Responses
  1. fikrirahman Says:

    kalo nyari buku ke-IT-an, di tokonya Penerbit Andi langsung aja, lengkap *walau semuanya keluaran Penerbit Andi (ya iyalah)*

    tau kan tempatnya? rada blusukan sih...

  2. amharma Says:

    thanks infonya!!! useful sekali...

  3. khairunisa putri nurindah Says:

    kalau yang diterban saya belum pernah, coba deh besok kesana:D

  4. NIKEN Says:

    klo butuh buku IT bisa hub saya...kebetulan mau pindahan rumah jd saya jual murah..buku mulai dari S1-S2

  5. afif Says:

    mantap...mkasih cuy

  6. alini purnama reza Says:

    terimakasih,sangat membantu sekali

  7. adin aja Says:

    Mw nanya ni mba klo pngen beli novel bkas yg mrah dmna ya
    Kprluan pngen bka pnyewaan nvel djgja..
    Tpi blum dpat tmpat beli yg pas ni buat beli bnyak
    Mksih

Posting Komentar

abcs