Sedikit Nostalgia SMA

Kita pelajar SMA Negeri 1 di Yogyakarta, 
slalu bersatu padu giat menuntut ilmu
siswa Teladan Indonesia
kita slalu berbakti pada ibu pertiwi
berjiwa Pancasila
menunaikan tugas mulia
tuk nusa bangsa Indonesia
SMA Negeri 1 itulah sekolahku
slalu kujunjung namamu, SMA 1 sekolahku
(Mars Teladan, SMA N 1 Yogyakarta)

SMA Negeri 1 sekolaku
citra luhur suci dharma baktimu
dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
tulus ikhlas mengabdi ibu pertiwi
(Hymne Teladan, SMA N 1 Yogyakarta)

Dua bait di atas adalah mars dan hymne SMA saya, kangen juga ternyata. Saya nulis ini sebenarnya tidak semata-mata karena kangen, tapi juga biar kalo sewaktu-waktu rambut saya udah ubanan dan saya lupa bisa langsung buka blog aja (doh). Ini berdasar pengalaman saya tempo hari yang tiba-tiba dimessage oleh seorang alumni Teladan 1987 yang meminta saya mengirimkan mars dan hymne untuknya karena beliaunya lupa, ha ha ha ha. Jadi daripada malu nanya adik kelas yang masih sekolah, saya publish disini aja, biar tinggal goggling :p

Selain bait mars-hymne di atas, saya juga mau share tentang lambang SMA saya, yang saya nobatkan  menjadi lambang sekolah terelegan menurut selera saya yang sangat subyektif ini. Kenapa? karena bentuknya tidak terkekang oleh sebuah bangun. Kan banyak sekolah tuh yang lambangnya terkekang segi lima di luar, atau segiempat, atau lingkaran atau bangun-bangun datar lainnya itu. Nah, lambang teladan yang tidak terkekang ini menunjukkan bahwa sekolah (dan segala yang ada di dalamnya tentunya) membaur dengan sekitar, berpikiran global, dan tidak "mengurung" diri.

Kemudian simple dan sangat Jogja, dengan bentuk dasarnya adalah Tugu Jogja yang meruncing ke atas, yang hanya dibubuhi dengan tiga warna yang sangat dinamis. So simple and so elegant. Komponen lengkapnya lambang ini sebenarnya antara lain adalah:
  1. Tugu, tugu berwarna putih artinya ciri khas dan budaya Yogyakarta yang kokoh, berwibawa dan bersejarah sebagai saksi kehidupan bangsa. Simbar atau nyala api pada puncak tugu melambangkan dinamika pencapaian cita-cita yang tidak berakhir melalui kebaikan dan kebenaran. Ohya, tangga tugunya ada LIMA BIJI, tidak ENAM BIJI seperti kebanyakan lambang Teladan yang beredar sekarang. Jadi kalau ada adik-adik Teladan yang masih sekolah baca post ini, gunakanlah lambang yang benar ini dalam setiap tugas adik-adik yaaaaa. Simbarnya juga berulir, tidak sekedar segitiga.
  2. Cakra, cakra berwarna kuning keemasan mengarah kepada keeksakan dan geometrik dengan trisula (mata tombak berujung tiga)  yang merupakan senjata pamungkas. Jadi, cakra ini berfilosofi agar kita bertindak tegas dan tuntas, namun tetap bijaksana dan tidak emosional dalam pencapaian harapan dan kebahagiaan
  3. Padma, padma berwarna merah artinya spesialisasi dalam kehidupan masyarakat melalui semangat kerja sama yang dinamis. Bunga yang tumbuh melalui tiga fase yaitu lumpur di bawah air, pada air, dan tersembul ke permukaan. Sedangkan daun bunga bagian atas berjumlah 5 dan bagian bawah berjumlah 7 menandakan tahun 1957, tahun penetapan SMA Negeri 1 Yogyakarta menjadi SMA Teladan.
  4. Tulisan TELADAN, berwarna kuning artinya pondasi, yang bertanggung jawab atas keberhasilan ketiga lambang di atasnya. Tulisan ini juga bermakna harapan tanpa pamrih dan doa semoga dapat menjadi Teladan, yang membentuk satu kesatuan dan tergambar.
Dalam sekali bukan? Jadi selain elegan, lambang ini juga sangat berkharisma menurut saya. Kharisma ini terpancar ketika lambang ini terpasang di jas almamater sekolah berwarna biru donker itu. Lambang tersebut sangat "matching" dengan jasnya, pas dan proporsional, karena bentuk lambangnya yang meninggi, bukan melebar. Hal ini membuat pemakainya terlihat lebih berwibawa dan intelektual, ini menurut saya loooh, terserah kalau menurut anda :p

berikut adalah contohnya (foto kelas untuk buku tahunan)

Ya, masa SMA adalah masa paling indah kata orang kebanyakan. Namun selain indah, menurut saya masa SMA adalah masa yang paling luar biasa. Sangat beruntung  dan bersyukut saya bisa bersekolah di tempat sebagus Teladan ini. Selain akademik, banyak hal yang saya dapatkan dari sini. Teman-teman yang sangat pengertian, kompak dan hangat (saya heran loh sama penggambaran SMA di sinetron yang suka labrak-labarkan, dll soalnya di sekolah saya nggak ada blaaaaaaaas, kakak kelas mengayomi adik kelas, adik kelas hormat ke kakak kelas :D), atmosfer kekeluargaan yang sangat erat (yang sangat saya kangenin sekarang), kemudian lingkungan yang mendukung untuk melakukan kebaikan, kesempatan berprestasi, dan kebanggaan menjadi seorang almamater Teladan. I'm proud to be a part of you, Teladan :)


TELADAN JAYAMAHE!
6 Responses
  1. Melisa Pramesti Dewi Says:

    aku rindu :')
    betewe, itu kok kayaknya tangganya malah cuma empat ya? (thinking)

  2. Nurvirta Monarizqa Says:

    lima mel, perhatiin baik2 deh :p

  3. Yan Restu Freski Says:

    Teladan, benar2 teladan Indonesia.
    Aku juga rindu dengan Teladan.
    Rindu dengan guru2nya (terutama Bu Zan)
    Rindu siswa-siswinya juga. :D
    sekarang perpusnya kayak apa ya?
    Habit!
    Habit kayak apa ya? Semakin kayak kapal pecah nggak ya?

    Pokoknya jayamahe deh, apapun,
    (aku pinjam kata seorang teman):

    Aku tidak menyesal telah berlabuh di Teladan...
    JAYAMAHE!

    Eh, btw, aku sependapat dengan melisa, tangganya cuma ada 4. :?

  4. fatimahfapud - فاطمة Says:

    mon mon, aku lagi kangen teladan njuk gugling njuk malah nyasar ng blogmu mneh ..

    yan & melisa iku tanggane 5. sijine ketutupan padma ..

    btw, mon, sadar ora nek di foto ipa1 iku ada yg aneh di kamu? agak ada sedikit koreksi gitu .. hhehe

  5. Nurvirta Monarizqa Says:

    @fatimah: aku memang gampang dirindukan

    hahahaaha iyo ik *malu*

  6. m yusuf s Says:

    wah.. wow mbak B-) ternyata makna dara lambang tugu teladan sangat mencerminkan siswa siswanya :))

Posting Komentar

abcs