Bukit Ponjong

What? Bukit Ponjong
Where? Kelurahan Bedoyo, Ponjong, Gunung Kidul, DIY
When? 23 Januari 2011
With? SJ team (Mas Zainal, Nuha, Mas Fajar), siswa SMA N 1 Wonosari

Beberapa waktu yang lalu saya dan tim Sagasitas SJ lainnya (Mas Ujang, Mas Fajar, Mas Zainal, Nuha, Karina, Mas Ridwan) berkesempatan ikutan membantu pembinaan KIR untuk SMA N 1 Wonosari. Di sana kami plus adik-adik siswa sekitar 15 orang dengan diboyong bus nya Dinas Kota Jogja sempat berkunjung ke Kelurahan Bedoyo, Ponjong, Gunung Kidul, DIY untuk menginspirasi adik-adik penelitian Geosains, secara lingkungan mereka sangat mendukung untuk itu. Letaknya kurang lebih mungkin 15an km arah timur Wonosari, ibukota Gunung Kidul, it means sekitar 55kman dari Kota Jogja.

Saya baru pertama kali ke wilayah antah-berantah ini dan lihat apa yang kami temukan: bukit teletubbies

banyak bukit teletubbies di sekitar sini

foto paling atas: jika jeli terlihat ada bukit yang HABIS ditambang :(

lihat foto paling atas, waktu saya foto warna ijonya sudah seperti itu, unik, sumpah saya amaze banget sama perbukitan disini, indah tapi sayang banyak yang dihabisi :(

salah satu bukit teletubbies yang kami singgahi untuk melihat seperti apa pertambangannya lebih jelas

Maaf gambarnya jelek, cuaca buruk, mendung dan  memang saya kecilkan resolusinya hehe.. (ngeles padahal emang kameramennya ini yang nggak profesional) Sangat indah, sangat hijau dan sangat asri. Sungguh sayang jika bukit-bukit ini harus growong karena ditambang. Sebuah ironi memang ketika sumber daya utama Gunung Kidul memang ya Batu putih seperti ini tapi eksplorasinya berlebihan. Nggak heran sih karena kapur di sini memang nomer wahid di dunia, kalau nggak ditambang bingung juga masyarakat makan apa. Ada saran supaya perbukitan teletubbies di sini bisa tetap lestari untuk anak cucu tapi batu putih tetap bisa ditambang? minimal penduduknya masih bisa tercukupi kebutuhannya? mendapat pendapatan? PR saya kalau jadi anggota DPRD DIY ini (emang pengen mon?)

Gunung Kidul Handayani!
1 Response
  1. Yan Restu Freski Says:

    no comment.

    (eh kuwi mau malah wis komentar ya?)

Posting Komentar

abcs