Candi Banyunibo

What? Candi Banyunibo
Where? Dusun Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY
When? 17 Januari 2011
With? bayangan saya (alias sendirian, hiks hiks)

Ingat postingan saya tentang Candi Sojiwan kemarin? Karena penasaran saya mbolang candi lain sendirian :( Salah satunya candi ini yang saya dapat, Candi Bayunibo, sebuah candi Budha unik berbentuk kotak dan beratap yang ndlesep di areal persawahan. Seperti candi-candi kecil di areal prambanan lain, tarif masuk dewasa 2000 rupiah dan anak 100 rupiah. Kalau mau tau denahnya dimana bisa lihat di sini. Check it out!

tampilan Candi dari gerbangnya, btw tempat ini nggak ada parkirnya dan saya parkir di jalan pematang antar sawah

bentuk candinya unik, beda dari yang lain

6 candi pewara

kompleks batu-batuan

bagian dalam candi, saya paling suka langit-langitnya


Dan berikut info tentang candi dari papan info:

Candi Banyunibo merupakan kompleks percandian yang terletak di Dusun Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Candi Banyunibo dibangun di dataran yang dikelilingi oleh perbukitan di sebelah utara, timur dan selatan. Candi ini ditemukan kembali dalam keadaan utuh pada bulan November 1940, selanjutnya dilakukan penelitian sampai tahun 1942 yang berhasil menyusun kembali bagian atap dan pintu candi. Sampai tahun 1962 berhasil menyelesaikan subasement, kaki candi, tubuh candi serta pagar sisi utara. Pemugaran Candi Banyunibo selesai pada tahun 1978. Candi Banyunibo terdiri dari sebuah bangunan induk dan 6 buah candi pewara yang terdiri dari 3 buah candi pewara selatan dan 3 buah pewara timur.

Candi Induk
Candi induk Banyunibo menghadap ke arah barat, pada bagian kiri dan kanan tangga terdapat pipi tangga yang terdapat pahatan tokoh-tokoh yang belum dapat diketahui indentitasnya. Pada bagian ambang pintu masuk terdapat hiasan kalamakara, sedangkan pada bagian ujung pipi tangga terdapat hiasan makara yang berakhir dengan relief seekor singa. Tubuh candi berbentuk tambun dan pada bagian dinding penampil sebelah selatan terdapat relief seorang wanita yang dikerumuni anak-anak, sedangkan relief di dinding utara menggambarkan seorang pria dalam posisi duduk.

Candi Banyunibo mempunyai ukuran 15,325 m x 14,25 m dengan tinggi 14,25 m. Tinggi kaki candi adalah 2,5 m masing-masing sudut candi terdapat Jaladwara yang berfungsi sebagai saluran air hujan. Kaki candi Banyunibo pada masing-masing sisinya dibagi menjadi beberapa bidang (panel) yang berisi hiasan berupa tumbuh-tumbuhan yang keluar dari pot-pot bunga yang berbentuk seperti sandaran lampu duduk, pinggan, buah wortel, dan siput yang dianggap sebagai lambang kehidupan atau kesuburan. Di atas kaki candi terdapat selasar tanpa pagar langkan yang berfungsi sebagai jalan untuk mengelilingi candi. Kedua relief tersebut menggambarkan Hariti, dewi kesuburan dalam agama Budha, dan Vaisravana (suaminya). Di sisi dalam dam luar terdapat relief tokoh Kuwera.

Di dalam tubuh candi terdapat bilik yang berukuran 6,875 m x 4,5 m. Bagian dinding candi terdapat jendela-jendela yagn dihias dengan pilaster. Atap candi Banyunibo bangian bawah berbentuk daun bunga padma (ganta) yang di atanya diletakkan puncak atap berbentuk stupa terdiri dari prasadha harmika dan yasti. Hal tersebtu menunjukkan Candi Banyunibo berlatar belakang agama Budha.

Happy Holiday!
0 Responses

Posting Komentar

abcs