Sedikit Green Tip

Photobucket
Taken from National Geographic Indonesia

Menanggapi penyesalan saya yang telah beli motor dan menambah polusi di postingan sebelumnya, saya pengen melakukan hal-hal yang at least bisa bikin bumi tetep green. Dan ketemulah saya dengan artikel berikut:

Green Tips for Daily Living


Here are some simple “green tips” for every day living. When done regularly, they just become a way of life. Drop us an email at feedback@greenkampong.com with tips of your own.


1. Skip the bottled water
  • Use a water filter to purify tap water instead of buying bottled water. Not only is bottled water expensive, but it generates large amounts of plastic container waste.
  • Bring a reusable water bottle, preferably aluminium rather than plastic, with you when travelling or at work. This also applies to buying coffee.

hahaaaaaaaa, yang kedua ini saya banget, sebenarnya lebih karena saya nggak punya anggaran buat beli minum botolan :p

2. Borrow instead of buying
  • Borrow from libraries instead of buying personal books and movies. This saves money, not to mention the ink and paper that goes into printing new books. Download from bit torrent. Go paperless and wireless.
setuju kuadrat, apalagi buku-buku kuliah nih, udah harganya selangit, beribu-ribulembar pula, hehe... tapi sebenarnya penting juga untuk memiliki buku hardcopy, karena nggak selamanya softcopy nyaman dibaca, tinggal menyeleksi buku apa saja yang harus kita punya hardcopynya, cukup penting punya hardcopy, dan nggak penting punya hardcopy

3. Less petrol means more money
  • Shake those legs! Walk or bike to work. This saves on petrol, ERP and parking costs while improving your cardiovascular health and reducing your risk of obesity.

  • Consider telecommuting if you live far from your work. Or move closer. Even if this means paying more rent, it could save you money in the long term.
er.... saya jadi sedih kalau baca ini :( mengingat saya sudah punya motor, tapi saya akan janji tetap melestarikan kegiatan berjalan kaki jika bepergian tidak begitu jauh dan beli bahan bakar ramah lingkungan (sekarang saya ngoplos pertamax sama premium di tangki bensin si heartbeat saya)


4. Make your own cleaning supplies
  • The big secret: you can make very effective, non-toxic cleaning products whenever you need them. All you need are a few simple ingredients like baking soda, vinegar, lemon, and soap.
  • Making your own cleaning products saves money, time, and packaging-not to mention your indoor air quality. It’s fun!
waaaaaaaaaaaaaw, yang ini boleh juga buat dicoba


5. Eat smart
  • If you eat meat, add one meatless meal a week. Meat costs a lot at the store-and it’s even more expensive when you consider the related environmental and health costs.
  • Buy locally raised, humane, and organic meat, eggs, and dairy whenever you can. Purchasing from local farmers keeps money in the local economy.
ohya, jadi inget resolusi saya tahun ini untuk menambah berat badan minimal 5kg hingga mencapai berat badan ideal, ada yang bisa bantu?


6. Think before you buy
  • Go online to find new or gently used second-hand products. Discover vintage. Whether you’ve just moved or are looking to redecorate, consider a service like yahoo classifieds or ebay to track down furniture, appliances, and other items cheaply or for free. This is especially true for baby’s toys and accessories.
  • Check out garage sales, thrift stores, and consignment shops for clothing and other everyday items.
GUE BANGEEEEEEEEEEEEET hahaaaaaaa, saya adalah penganut mathrealistist dimana semua hal di-math-kan terlebih dahulu untuk menghitung untung rugi, kalau saya sih prinsipnya kalau bisa bikin kenapa mesti beli?


7. Save energy to save money
  • Use fans whenever possible; air conditioning units are huge energy eaters.
  • Install compact fluorescent light bulbs (CFLs) when your older incandescent bulbs burn out.
  • Unplug appliances when you’re not using them. Or, use a “smart” power strip that senses when appliances are off and cuts “phantom” or “vampire” energy use.
  • Wash clothes in cold water whenever possible. As much as 85 percent of the energy used to machine-wash clothes goes to heating the water.
  • Use a drying rack or clothesline to save the energy otherwise used during machine drying.
sip sip, nice tips


8. Buy smart
  • Buy in bulk. Purchasing food from bulk bins can save money and packaging.
  • Wear clothes that don’t need to be dry-cleaned. This saves money and cuts down on toxic chemical use.
  • Invest in high-quality, long-lasting products. You might pay more now, but you’ll be happy when you don’t have to replace items as frequently.
kalau saya, buy smart saya lakukan karena nggak punya anggaran.. (sedih)


9. Save water to save money
  • Take shorter showers to reduce water use. This will lower your water and heating bills too. Take cold showers whenever possible; avoid baths.
  • Install a low-flow showerhead. They don’t cost much, and the water and energy savings can quickly pay back your investment.
  • Avoid using a dishwasher; soap plates without using the tap and then rinse sparingly.
  • Wash your car as sparingly as possible; commercial carwashes have a tendency to waste large amounts of water though some do use recycled water.
kalau ini sih gampang buat saya yang malas jarang mandi, hehee


10. Keep electronics out of the trash
  • Keep your cell phones, computers, and other electronics as long as possible.
  • Donate or recycle them responsibly when the time comes. E-waste contains mercury and other toxics and is a growing environmental problem.
  • Recycle your cell phone.
  • What items can and can’t be recycled; lobby to have a recycling bin in your area.
nah ini sepertinya jadi PR saya sebagai anak IT, hehehee

Sedikit tambahan tips dari saya nih;
  1. Bawa tas sendiri saat belanja, kurangi pemakaian plastik. Saya sendiri sudah sukses melakukan ini. Saya termasuk orang yang sangat sering sekali bilang "nggak usah diplastik ya Mbak" kalau berada di kasir. Males ngrawat kresek-kresek di rumah sih, nggriseni juga ternyata selain nggak ramah lingkungan
  2. Pakai sapu tangan, kurangi pakai tissue
  3. Belilah bahan bakar ramah lingkungan macam biosolar (untuk diesel) atau pertamax (walau saya sendiri masih nggak kuat rutin beli, jadi biasanya ngoplos)
  4. Ini gampang nih, kalo di perempatan, lampu merahnya masih lama, matikan mesin. Kalau saya biasanya walau tinggal 20 an detik saya matiin, baru dinyalain detik pertama, heheee
  5. Refill! Belilah sesuatu yang bisa direfil, gampangannya kalau saya ini suka beli bolpoin yang bisa direfill, jadi kalau isinya habis tinggal buang isinya saja, beli refill dan pasang ke casingnya, nggak usah beli pulpen baru, begitu... toh lebih murah juga kaan?
  6. Nge-printlah seefisien mungkin, kalau kira-kira terbaca di ukuran huruf 8pt, cetaklah di kertas A5, dan cetaklah bolak-balik, sebagai contoh
Ada yang mau menambah?

Let's Save Our Earth Green!
9 Responses
  1. Yan Restu Freski Says:

    Waduh, aku juga berkendaraan motor je... Padahal aku anak geologi. Waduh, ironis banget nih...

  2. Melisa Pramesti Dewi Says:

    ngoplos pertamax nggak mahal po mon?

  3. Melisa Pramesti Dewi Says:

    ngoplos pertamax itu jadi berapa ribu?

  4. Nurvirta Monarizqa Says:

    @Yan: waaaaah, jalan kaki yan, biar makin geologi aja
    @Melisa: nggak gitu sih, maksudnya gini mel, aku isi bensin selang seling, besok pertamax, besoknya premium, jadi otomatis keoplos sendiri di tankinya, hahaaaaa

  5. ザキヤちゃん ^^ Says:

    di sini kerasa banget mon dibiasainnya kayak gitu.
    1. Mw buang alat electronic bayar, dan jumlah yang dibayar bukan jumlah yang sedikit
    2. Kalo pergi ke pasar, harus bawa ecobag sendiri. Kalo di supermarket bisa dapet tas kresek cuman bayar. Dan lazimnya emang harusnya bawa ecobag
    3. kemana-mana orang-orang jalan atau naik sepeda. dan suasananya kondusif banget buat jalan n naik sepeda. oya, naik sepeda itu juga di lajur trotoar, jadi yang di jalan raya bener2 cuman mobil, bus, sama motor (dikit tapi)
    4. minum ambil dari kran air dingin juga aman, jadi g perlu beli minum, ataupun ngrebus air dulu
    5. bensin harganya mahaaaaall
    6. sampah dipisah jadi 3 jenis berdasar kategori. Tempat buangnya ada tas plastik ijo, tas plastik pink, sama putih. jadi, pikir2 dulu sebelum buang sampah
    dll.
    here life seems to be easy even it sounds difficult in the beginning
    oya mon, yang asik lagi, apa2 bisa diakses dari internet, conth: rute, jadwal bus bisa dicek di internet...

  6. Nurvirta Monarizqa Says:

    @jeki: begitulah bedanya negara maju dan berkembang :D
    patut diadopsi nih...
    ah jadi pengen jeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek :'(

  7. dza.talidhut Says:

    Aseeek daaaaaah, make sepeda yuk.

  8. Yan Restu Freski Says:

    @ Jeki : Waaa. aku pengin merasakan suasananya. Aku cuman dapet cerita sejenis dari dosen2 ku yang S3-nya pada di sana. Waaa. Pengin.

    @ Mona : Mon, berani nggak, kutantang kamu untuk mbolang ke Jepang!? Jangan cuma ke bandung-surabaya, bolehlah naik kereta dengan percuma. Hehe... (doh, aku wae gur pengin nekat je, belum dipikir masak2)

    @ dza : Wah, mau sih, tapi untuk kondisi Yogya (lebih tepatnya kondisiku sih-doh) belum memungkinkan. Berarti aku harus berangkat jam 4 pagi dari rumah. Trus ntar lalu lintas yang serba hitungan detik di lingkungan kampus jadi molor bermenit2. Wew... Aku jadi dilema...

Posting Komentar

abcs