Wadah KIK

Sekarang saya udah punya KIK! :D


Maaf diedit nopolnya :p

Tapi di postingan ini saya nggak akan nyombongin KIK baru saya, maupun tarif yang baru diberlakukan terhadap kendaraan yang masuk UGM tanpa KIK, motor 1000 rupiah, mobil 2000 rupiah. Saya cuma mau share hasil liburan saya, dan inilah hasil beberapa hari saya di rumah



Wadah KIK rajutan, yang atas milik saya, bentuknya iPod (tapi kayaknya nggak mirip deh) dan yang bawah, yang magenta itu saya buatkan untuk teman saya, bentuknya kamera (ini juga gak mirip)

Saya suka merajut akhir-akhir ini, awalnya cuma bisa bikin-bikin bunga, tapi karena kurang kerjaan di liburan ini (kurang kerjaan tapi tetep aja gak bisa liburan ke luar kota T.T) saya ingin membuat sesuatu yang lebih menantang, macam wadah KIK ini.

Cara buatnya simpel kok, modalnya hanya ketekunan, ketelitian, kemauan, rasa percaya diri, dan tidak mudah putus asa (apa sih)


Berikut alat dan bahannya
  1. Benang rajut warna-warni. Ini saya beli di toko 45 apa ya namanya saya lupa di daerah malioboro, harganya 4500 per gulungnya
  2. Hakpen, untuk merajut
  3. Gunting
  4. Belt gelang (ini nggak wajib, bisa diganti ring gantungan kunci, dsb), saya beli ini karena ada promo di toko aksesoris naughty. Harganya Rp 2000, beli 1 gratis 1 jadi anggep aja harganya 1000 hehe
  5. Tentu saja nametag case. Ini bisa dibeli di mana-mana, di KOPMA UGM cuma 700 rupiah malahan. Cuman saya pernah beli dan ternyata bahannya gak bagus, milik saya pedhot dan saya trauma, jadi saya beli lagi yang lebih awet, bahannya lebih kaku, keras dan tebal. Saya beli di Toko Merah dengan harga 1700 rupiah. Gakpapalah mahalan dikit.

Lalu ini dia cara membuatnya! Tips saya, pelajari terlebih dahulu macam-macam tusuk untuk merajut. Tante google menyediakan banyak referensi kok, hehe
  1. Buat 21 rantai sebagai alas
  2. Kemudian buat treble crochet (tr) sebanyak 21 buah juga di atasnya, buat sampai 13 tingkat
  3. Kalau sudah, sekarang buat bagian belakangnya, buat double crochet (dc) dua tingkat sepanjang tinggi persegi panjang utama yagn telah dibuat tadi, jangan lupa untuk mengaitkan benang di bagian atas sebagai penahan case (pada gambar ada tulisan "nempel")
  4. Buat rantai, saya lupa berapa panjang, hehe, sebagai "jembatan" ke sayap yang satunya
  5. Buat dc lagi untuk sayap kiri sebanyak dua tingkat
  6. Buat 2 tingkat tr dengan alas rantai "jembatan" tadi
  7. Pada sayap kiri, buat 1 tingkat dc, jangan lupa bagian atasnya juga "nempel", kemudian buat rantai "jembatan" ke sayap kiri lagi
  8. Buat 2 tingkat tr dengan rantai sebagai alasnya, matikan, dan bentuk utama pun jadi sekarang :D
Untuk ornamen, bisa sesuai kreativitas masing-masing, terserah teman-teman, misal bulat dan persegi panjang untuk iPod, kemudian dijahit dengan benang jahit ke case utamanya. Sebenenrnya bisa langsung pakai teknik sambung benang, cuman daripada ribet saya bikin sendiri terus saya tempel, begitu.

Susah ya? Nggak kok, kalau udah seneng, merem pun bisa (ah lebayatun). Saya juga nggak punya banyak ilmu merajut karena masih pemula, jadi garapan saya masih amburadul banget sebenernya. Tips aja, beli buku-buku tentang crochet, di toko buku udah banyak atau belajar gratis lewat google. Lumayan loh bisa bikin aksesoris sendiri, murah, daripada beli mahal? (mental irit).

Happy Holiday!
1 Response
  1. alifiarahma Says:

    terimakasih infonya, berguna :)
    oya jepretan foto-foto di blog ini keren-keren ^^
    salam blogger :)

Posting Komentar

abcs