Gunung Api Purba Nglanggeran

Ceritanya saya gagal mengikuti sebuah acara, dan tidak punya plan B. Jadilah saya melongo di rumah, dan pengen membolang sendiri bareng Barbara. Pucuk dicinta ulam tiba, my-friend-in-doing-silly-interest pagi-pagi SMS saya ngajak ke Suroloyo. Ngek. Gak mungkin banget saya ngajak Barbara jauh-jauh ke sana. Akhirnya dengan sedikit tawar-menawar jadilah kami ke Nglanggeran yang berjarak sekitar 12 km sahaja dari rumah.

Saya yang sotoy, seperti biasa, menyasarkan rombongan. Yang harusnya ketika naik Jalan Wonosari, setelah Bukit Bintang, perempatan pertama, belok kiri, saya malah lurus, hampir sampe Wanagama baru belok kiri. Tanya sana sini, ternyata kami nyasar jauh banget, zz zzz zzz... 

Voila, sampailah kami via pintu timur Nglanggeran dengan sedikit off road

 Parkir seribu, masuk dua ribu apa empat ribu kalo gak salah


Oke, mari kita mendaki Gunung Purba yang satu ini. Dimulai dari melihat Song Gudel, yang nggak tahu ini buat apa. Saya nyesel gak sewa guide, besok kesini lagi sewa guide ah, harus ~ Terus manjat batu yang ada tali warna birunya itu. Ahsek... ini baru namanya jalan-jalan...


Habis manjat batu, ada batu besar yang kalo kita naik ke atasnya, bisa liat pemandangan yang lumayan, kayak di atas ini. Next, dengan rute yang berbatu, samapilah ke lorong sumpitan, sebuah celah di antara dua tebing besar, sekitar 30-40 cm (kayak di foto kedua, kanan bawah), dan kita nggak berjalan di antaranya, tapi naik ondho (tangga bambu). That's so wooooooowww. Apalagi di tangga teratas, ada batu yang nyelempit di antara dua celah ini, nggak kebayang kalo batunya jatuh ~ awww


Nggak jauh dari lorong sumpitan, kita sampai di Gardu pandang pertama, dan foto-foto di atas pemandangannya ~


Dua gambar atas (atas kiri dan atas kanan) merupakan puncak Gunung Batu yang kelihatan dari Gardu Pandang 1. Next, kami lanjut jalan ke puncak. Ini sesi yang paling melelahkan. Masuk hutan, jalannya monoton, nanjak, panas dan banyak nyamuk ~ Ada dua puncak, Gunung Kelir dan Gunung Gede, yang bisa ditempuh lewat jalan biasa, atau belok kanan lewat Comberan. Comberan ini semacam danau, atau kawah mati yang konon katanya keramat, jadi wanita lagi haid gak boleh lewat sini. Walau nggak berhalangan, saya juga ogah lewat sini ketika dikasih tau Bapak-bapak di bawah kalo rutenya jadi lebih jauh, hahaha..


setelah 1 jam, akhirnya sampai juga di puncak, aaaaaaaaaa.... Pertama, sampai di puncak Kelir dulu. Pemandangannya bagus banget, sayang mata kamera tidak bisa menangkap panorama seindah mata yang diberi Allah ke manusia..


Di sini kami ketemu rombongan anak FKH 2008 yang minta foto, hahahhaa. Kiri bawah: jalan ke puncak yang satunya. Di sini saya iri banget sama mas Fikri karena dia bisa foto bagus banget kayak iklan rokok-rokok itu, sementara saya? Lihatlah postingan ini, gak ada foto saya yang oke ~

kiri atas: tangga naik ke puncak yang satunya. Kanan atas: pemandangan antara dua bukit.

Akhirnya sampai di puncak yang satunya, pemandangannya nggak kalah bagus dari puncak sebelumnya.


TOP RECOMMENDED lah pokoknya tempat yang satu ini. Saya pengen kesini lagi, buat cari info dan buat foto-foto ~ soalnya saya kali ini nggak punya foto bagus di sini, udah jauh-jauh, capek-capek, nggak punya foto bagus pula T_____T Ada yang mau nganterin?
3 Responses
  1. dydhan Says:

    aku mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!

    asiiik banget kayaknya ;)
    ayo mbak kalo ada waktu ikutan anak-anak ndaki,
    merapi, merbabu, semeru atau bahkan jaya wijaya :)
    aku lagi butuh tempat buat nyari batu --a

  2. Nurvirta Monarizqa Says:

    hasek banget dhaaaaaan, kamu harus kesini........
    mau,mau, ternyata ibukku dulu anak mapala, jadi kayaknya (kalo aku udah rutin olahraga, gak sakit sakitan dan rajin maem) aku dibolehin naik gunung :D

  3. Yan Restu Freski Says:

    aku mauuuu, dulu pernah ketiban rejeki disini. dapet seperangkat TV coba.. Hhaha.. aku juga mau naik merbabu, latihan ke nglanggran dulu ah. Eh, besok kalau ke sana lagi aku diajak yo mon, didan,...

    sekalian belajar geologi-geofisika-matematika... *lhoh

Posting Komentar

abcs