Suroloyo

Where? Puncak Suroloyo, Kulon Progo
When? Selasa, 17 Juli 2012
With? ATIT (Anak Touring IT): Tontun, Iqbal, Dita, Ditun, Tipeh, Al, Reza, Kalih, Raka, Ardi, Pras

Ceritanya kami lagi pengen touring ke Suroloyo. Cuslah kami sekitar jam setengah 9 pagi dari kosnya Tontun. Suroloyo terletak di bagian utara Kulon Progo. Dari Jalan Godean, lurussssssss sampe perempatan pasar, lurusssss lagi sampe perempatan Alfamart Nanggulan Kulon Progo. Nanti belok kanan, terus ikutin jalan. Sampai pertigaan yang ada tugunya, lurusssss lagi sampai ketemu pertigaan yang ada penunjuk arah bahwa Suroloyo 5,5 km ke kiri. Ikutin arah panah ke kiri 5,5 km dan taraaaa... Sampai Suroloyo deh.

Jalan ke arah Suroloyo offroad. Naik mobil bisa sih, tapi harus hati-hati banget. Naik motor juga, kalau bisa pake motor bebek biasa aja biar enteng. Paling enak kemari musim kemarau dengan langit yang cerah. Sepanjang jalan banyak tebing gampang longsor, jadi kalau musim ujan gak kebayang deh kalo longsor. Kalo mendung juga pemandangannya bakal gadapet :/

jalanan menuju Suroloyo, beginilah

Sebelum sampai puncak, ada jalan dimana di sebelah kanan kita bisa melihat view yang indah. Kita mampir sebentar buat foto-foto. Ohya maaf, ini saya motonya cuma pake Charles, jadi agak burem :/

pemandangan tepi jalan

Akhirnya kami sampai. Suroloyo sepertinya sedang berkembang. Banyak semacam penginapan, resort, yang mulai dibangun disitu. Semoga bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar deh :)

Kata Tontun yang udah pernah kesini, ada sekitar 3 puncak yang bisa dinaiki. Salah satunya bertangga begini. Kami cuma naik satu karena satu aja udah kecapekan. Tips aja yang jarang olahraga, silakan stretching dulu sebelum naik 284 anak tangga curam ini. Kalo nggak bakal pegel betis 3 hari kayak saya :&

 tangga menuju surga (?)


Di atas, ada sebuah pos untuk melihat pemandangan. Karena agak berkabut, pemandangannya jadi monoton khas bentang alam Jogja yang ijo-ijo aja. Jadinya agak mbosenin. Padahal kalo cerah, kita bisa melihat Gunung Merapi, Sumbing dan Merbabu di kejauhan. Oh unlucky :/

 ada arca Hindunya

Konon tempat ini dulu dijadiin tempat bertapa. Tapi saya gak sempat kroscek langsung karena rombongan saya kali ini hanya rombongan main, bukan teman curious sejarah macam saya.Next time bisa dikulik lagi lah. Yang eman-eman adalah ketika tempat seperti ini kemudian banyak coretannya. Ada coretan KKN UGM lagi. Malu gue (facepalm).


Yeah. That's all... Capek, kami cus ke Bakso PK Jalan Godean (gak penting). Yang jelas walaupun saya kurang puas, tapi cukup fun di tengah kesibukan saya yang padat ngurusin Sagasitas Research Exhibition. Xixixixii (dasar anak nakal)


Enjoy!
3 Responses
  1. Fikri Rahman Says:

    mending itu. aku kesana beberapa hari sebelumnya pas kabut tebel banget padahal jam 12 siang, jarak pandang cuma 10-20 meter.

    jadi misty mountain deh

  2. dydhan Says:

    waduh, besok aku bagi foto dari wonolelo aja deh kakak...
    :)

  3. Anonim Says:

    makasih ya, berkat post ini saya bisa sampai kesana

Posting Komentar

abcs