Petualangan INAICTA – Part 3 (Habis)

Ini adalah part favorit saya karena ada malam penganugerahannya. Yang belum tahu cerita sebelumnya bisa dilihat di Part 1 dan Part 2
 
Saya tanggal 14 sore bersama Mas Us bertolak ke Bogor. Kami ke Gambir untuk kemudian berangkat bareng MSP Jogja yang habis pada naik kereta dari Jogja. Kami naik bis dari EO dan guess what… Perjalanannya 5,5 jam -,- diselani makan sih emang. Melelahkan banget, kami baru sampai Galaxi Resort jam 12 malam. Mandi. Tidur.
 
Besoknya saya bangun, sarapan, terus ikut pertemuan nasional geeks kedua saya dalam pekan ini. Pertemuan geeks nasional pertama for sure INAICTA. Tapi sepertinya rombongan geeks kali ini lebih normal daripada kemarin (haha).
 
beberapa MSP Jogja-Jateng yang kece
 
Oke, dibuka dengan opening speech dari pak Risman selaku kepala DPE Microsoft Indonesia. DPE adalah Departemen yang membawahi kami para MSP. Secara tak terduga isi speechnya adalah tentang developing casual game di Windows 8, hahahahaha…. Kami para MSP yang taunya disini cuma seneng-seneng, langsung speechless ketia Visual Studio dibuka dan demo coding dilakukan. Awkward sekali. Oke no problem, tujuannya baik kok, biar ada aplikasi student Indonesia di Windows Store :’)
 
Second speech dari Pak Irving yang menjelaskan struktur DPE dan fokus Micrososft setahun kedepan, serta dimana saja kami bisa berperan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan proker MSP Regional Jateng oleh Mas Us sang MSP Lead Jateng. Ditaruh di awal biar kami bisa segera balik ke Jakarta. Ohya, di pertemuan ini ketahuan juga beberapa bocoran mengenai Imagine Cup tahun depan yang model lombanya sangat berbeda, no more Software Design. Terus apa dong? Ya nanti tunggu Kick Off nya aja di UGM ;) (malah promosi program). Ada satu materi penting kelewat sih tentang DreamSpark, tapi apa boleh buat harus segera balik ke Jakarta sebelum jalannya ditutup -,-
 
So, saya di Bogor akhirnya cuma buat numpang sarapan. Naik mobil jam 11, perjalanan pulang ditempuh sekitar 4 apa 4,5 jam gitu. Saya baru sekali ini ke Puncak, jadinya baru realize gimana macetnya Puncak waktu Weekend, bikin kaki pegel :&. Sampai di JCC, saya jaga stand dan nyempatin keliling stand lain. Sempat kaget juga ketika realize bahwa banyak nominator di kategori kami yang S2, student sih, tapi…. Ya student ._. sempat jadi minder juga tapi wes lah have fun saja B).
 
beberapa karya dari peserta lain, yang paling saya suka adalah KlungBot dari Teknik Fisika ITB. Awesome.
 
 
Tak lupa, kami berfoto juga dengan peserta SD yang cantik juga tampan :3
 
Sebenarnya sih, melihat banyaknya pengunjung yang interest dengan kami, eMart Indonesia, sempet nyesel juga menjadi sangat polos dengan tidak siap kartu nama dan perencanaan bisnis. PR banget lah buat kami habis dari sini harus segera bikin plan agar at least, eMart Indonesia tidak sekedar menjadi project untuk lomba belaka.
 
Malam penganugerahan pun datang, dibawakan oleh Melanie Putria dan Steni Agustaf di ruang Cendrawasih JCC. Acaranya keren banget, standar penganugerahaan di TV-TV itu lah… untuk nggak pake baju gembel wakakakakak.
 
Dan…. Inilah saat-saat yang paling menegangkan… Pertama dibacakan pemenang untuk kategori SD. Ada special mention, yaitu penghargaan khusus, didapatkan oleh anak yang masih kelas 2 SD tapi sudah ikut INAICTA. Kemudian dibacakan peraih Merit Winner, yaitu tim yang memiliki selisih nilai tidak jauh dari Winner, kemudian baru didapatkan Winnernya. Seseorang anak perempuan yang ternyata tahun lalu juga sudah menang. Super sekali.

Terus kategori SMP. Ternyata pemenangnya adalah anak yang duduk di barisan depan kami. Mereka satu tim berpelukan, kami jadi ikut terharu dan senang :’). Next kategori SMA, pemenangnya juga duduk di barisan depan kami. Atmosfer euphoria mulai menyelimuti ketika melihat mereka begitu senang.

Selanjutnya kategori Tertiary Student (Perguruan Tinggi). Pertama dibacakan nominasi untuk kategori kami, Creative on New Media. Sumpah deg-degan. Saya yang akhir-akhir ini heartless, sebenernya seneng ketika akhirnya bisa merasa deg-degan lagi setelah lama tidak merasakannya. Tambah deg-degan ketika Melanie bilang

“Wah untuk kategori ini pemenangnya hanya ada satu, Winner saja”

It means jarak nilai si winner jauh melampaui kelompok lain. Kami berpandangan dan mulai pasrah. “Yaudah sih kita have fun aja lah yang penting ya…”

“Dan pemenangnya adalah eMart Indonesia”

Sontak detik-detik selanjutnya menjadi saat-saat teremosional dalam hidup saya sebulan terakhir. Kami berteriak histeris tidak percaya kalau kami menang. Menang, iya menang. Mengalahkan tim lain dengan jarak nilai yang jauh. Absolut. Sungguh unpredictable. Saya sangat bersyukur kepada Allah yang sangat baik memberi kami kenikmatan begitu besar. Kami berpelukan dan Trias maju ke depan untuk mewakili kami menerima penghargaan.

 
Undescribable feeling.

Selanjutnya untuk kategori Tertiary Student – Aplikasi. Vina, Mbak Vre dan Mas Us yang duduk di sebelah kami giliran deg-degan. Saya pribadi sih yakin mereka menang dan benar saja, Winner untuk kategori ini adalah Lexipal.


Kami tepuk tangan sekeras-kerasnya dan memeluk Vina – Mbak Vre erat-erat. We Win. Perasaannya sungguh tidak karuan senengnya, mengingat perjuangan yang begitu keras hingga sampai ke sini, berjuang bareng, suka duka bareng, rasanya komplit sekali ketika kami, dua tim dari JTETI, semuanya mendapatkan posisi puncak di kategorinya masing-masing.


A Perfect Victory.

Langsung kami kabari berita bahagia ini ke segala macam kanal komunikasi, dari social media, SMS, telpon dan sebagainya. Haru sekali ketika kami kemudian bisa berdiri di panggung depan, berfoto sebagai winner dan disebutkan bahwa kami adalah student dari Universitas Gadjah Mada. Haru sekali ketika kemudian banyak yang memberi kami selamat dari berbagai media.

foto bareng all winner

But, this is not the end. This is just beginning. Kami akan berangkat ke Brunei besok Desember untuk mengikuti APICTA 2012. Tapi permulaan sebenarnya bukanlah itu, melainkan bagaimana caranya kami mewujudkan produk kami menjadi something real, menjadi sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Cap winner benar-benar menjadi tanggung jawab yang besar. Kehidupan kami yang baru bersama aplikasi kami masing-masing, baru akan mulai setelah ini. Mohon doa dan dukungannya teman-teman :')

 

Nurvirta Monarizqa
Anggota eMart Indonesia - Winner of INAICTA 2012
 
PS: kalau nggak biasa, jangan sekali-kali menggunakan wedges 3 hari berturut-turut untuk jalan jauh dimana hari keempatnya kamu malah jogging muterin Gelora Bung Karno, sangat tidak disarankan
4 Responses
  1. Admin Says:

    Luar biasa tulisan yang menginspirasi

  2. Hasna Says:

    Selamaaaat monaaa ! Keren bgt :D

  3. Hasna Says:

    Selamaaaat monaaa ! Keren bgt :D

Posting Komentar

abcs