Rampoe

Lebih sering dikenal dengan tari Saman, tapi sebenarnya, Saman ditarikan pria dan tanpa alat musik, dengan tempo yang lebih cepat. Sedangkan yang kami para wanita lakukan dengan iringan gendang ini disebut dengan Rampoe.

Saya nggak akan bahas lebih lanjut tentang Rampoe-nya. Saya cuma pengen cuap-cuap tentang hal yang saya sadari setelah gabung sama SAKA (Sanggar Kesenian Aceh) UGM. Awalnya saya hanya iseng ngikutin kakak angkatan saya, kakak Apiw, tapi ternyata buat saya pribadi, banyak hal yang kemudian saya dapatkan. 

Oke, mulai dari motivasi awal. Motivasi saya sebenarnya hanya dua biji, pertama menormalkan pergaulan (if you know what I mean), dan kedua menormalkan otak. Saya merasa terlalu memforsir otak kiri dan kurang merangsang otak kanan saya untuk berkoordinasi, selain juga melatih motorik saya yang jarang olahraga ini.
Ternyata pilihan saya gabung SAKA emang bener. Saya jadi dapet benefit nomer satu:

1. Saya jadi bisa tahu kalo ternyata otak kanan dan kiri saya agak lemot sinkron barengnya
Ini dibuktikan ketika saya belajar gerakan baru, sebut saja namanya gerakan X *lupa namanya*, gerakan yang diawali dengan satu telapak tangan kiri berkibar. Yang bikin susah adalah karena tempo tangan kanan dan kiri nggak sama! Sumpah susah banget koordinasinya. aaa.... Saya hampir putus asa. Sementara teman-teman saya sudah lancar “berkibarnya” dan lanjut ke tahap berikutnya, saya masih belum bisa maju-maju. Akhirnya dikumpulin dengan sekitar 3 orang lain yang nasibnya sama-sama susah sinkoronin otak untuk diprivat -,-

Well untung saya download video perform SAKA yang ada gerakan supersusahnya itu (in my opinion lhooo). Saya ulang berkali-kali gerakannya sampai kedua tangan yang temponya gak sama ini bisa saling melengkapi ketukannya *wopoh*. Makasih SAKA udah bantuin saya menyinkronkan otak kanan dan kiri, sesuai dengan harapan saya gabung sama kalian.

Terus benefit nomer dua:

2. Bisa merasakan kompetisi, di bidang yang lain
Sebenernya kalo dianalogiin, SAKA UGM itu mirip JKT48 *lebay*, anggotanya banyak, banyak yang semangat, dan rutin. Jadi kalo ketinggalan latihan, pasti ketinggalan gerakan dan bagi saya yang susah sinkron otak gini, harus jatuh bangun buat ngapalinnya. Terus juga, kan kita banyak tawaran tampil, mau nggak mau yang lancar gerakannyalah yang ditawarin tampil, ya kan ya kan.

Imho, dengan begini saya bisa merasakan "kompetisi" di bidang di luar mainstream saya selama ini :)

...... dan ketemu cewek-cewek cantik all around UGM (ninja) ketahuan deh



0 Responses

Posting Komentar

abcs