Movember Part 4: Belajar Finance di Kuala Lumpur

Oke, setelah Movember di Jepang 12-17 November (Part 1, Part 2 dan Part 3), Episode Movember selanjutnya adalah Titian Muhibah 19-22 November 2012.

Ceritanya, Beasiswa Unggulan yang tercinta ini pengen memberikan apresiasi kepada Scholars-nya yang berprestasi melalui program Titian Muhibah ini, jadilah kami para scholars disuruh ikut seleksi. Seleksinya aneh-aneh, disuruh bikin profil diri, laporan akademik, prestasi, sosial, terus kirim foto diri yang menarik *speechless*

Alhamdulillahnya lolos sih :)) Jadilah saya marathon habis ke Jepang terus ikut trip nggak jelas ini (lha nggak tau mau dibawa ke mana aja). Ternyata total ada 24 scholars yang diajak, gabungan dari scholarsnya BU CIMB Niaga sama BU mandiri (murni dibiayai Kemendikbud tanpa sponsor). Se-trip lagi deh sama Nuha, sama Gilang, jadi de javu perjalanan tahun lalu wkwkw. Disclaimer, saya scholars BU mandiri, dan trip ini disponsori CIMB. Jadi…… Kebayang kan tripnya akan seperti apa?? Kalo belum yaudah sih disimak saja cerita-cerita di bawah ini

 

The Great CIMB Malaysia

Trip dimulai 19 November, pagi. 17 November saya masih di Jepang, sempat 3 jam di Korea, 18 November di Jakarta, dan 9 November di Malaysia. Super sekali. Naik Mandala Air, kami mendarat di LCCT KLIA dan kemudian langsung ke kota, makan siang

1

dan saya tidak doyan makanannya sodara-sodara…… :&

Saya berasa KKL (Kuliah Kerja Lapangan, semacam kunjungan Indsutri) di sini. Padahal KKL kampus saya baru tanggal 26 besok (akan diceritakan di part Movember yang lain) karena ternyata kami akan mengunjungi banyak perusahaan. Destinasi pertama kami adalah CIMB Malaysia. Kantor CIMB ini kebetulan tidak jauh dari Rumah Makan Warisan tempat kami makan siang.

2

Disambut dengan sangat baik, kami masuk dalam sebuah ruangan untuk kemudian mendengarkan talkshow

3

Personally, I’m not interested so much in finance :&, berbeda dengan teman-teman dari Beasiswa Unggulan CIMB yang memang setelah lulus diplot untuk bekerja di CIMB sehingga sangat tertarik dengan sesi kunjungan ini. Kami Para Scholars berjumpa dengan Jenda dan Albert untuk melakukan diskusi mengenai apa dan bagaimana bekerja di CIMB termasuk di dalamnya proses TCB.

TCB adalah proses setahun berupa pendidikan menyeluruh mengenai perbankan. Jenda dan Albert sendiri merupakan dua diantara lulusan terbaik TCB Indonesia sehingga mereka berkesempatan mencicipi karir di CIMB Malaysia.

Terlepas dari seperti apa rasanya bekerja di sektor finance, ada banyak pelajaran mendasar yang didapatkan dari diskusi bersama kedua orang yang luar biasa ini.

Jadilah orang dengan ketrampilan komunikasi yang baik

Menjadi pintar saja tidak cukup di dunia kerja. Bertemu dengan orang, meyakinkan orang lain adalah hal yang harus dikuasai agar bisa survive. Kedua TCB graduates ini sudah membuktikannya sendiri.

Jadilah orang yang well prepared

Jenda dan Albert ternyata hanya diberitahu ada kunjungan dari Titian Muhibah sekitar dua hari sebelumnya, tapi mereka mampu meng-handle acara ini dengan baik. Ini karena kedua orang ini sudah terbiasa siap dalam kondisi apa pun (well-prepared).

Jadilah orang yang berwasan luas namun tidak sok tahu

Albert bercerita bahwa salah satu pertanyaan yang diberikan padanya ketika wawancara adalah “Berita apa yang ada di koran hari kemarin?”. Ini menjadi menarik karena di era serba internet ini, tidak banyak lagi yang interest mencari berita lewat hard media walaupun berita hard media tersebut sebenarnya justru adalah sumber berita yang memberikan informasi mendalam dibanding media online yang biasanya hanya memberikan informasi at a glance. Dengan mendapat informasi yang mendalam, pembacanya jadi lebih memahami permasalahan dibanding mereka yang hanya mendapatkan informasnya secara at-a-glance tersebut. Mendapat informasi secara sepotong-potong cenderung membuat pembacanya hanya berspekulasi dan tak jarang membuat opini sendiri terkesan sok tahu.

Jadilah orang yang berintegritas tinggi dan bisa dipercaya

Bank adalah trust-based company yang bekerja dengan landasan kepercayaan pelanggan, sehingga integritas menjadi nomor satu. Namun sebenarnya, di mana pun kita berada, kita juga seharusnya memiliki integritas tinggi agar bisa dipercaya orang banyak dan nantinya banyak sekali keuntungan yang didapatkan.

Super sekali.

Setelah itu, kami diajak berputar-putar Menara Bumiputera, tempat CIMB ini bernaung

4

Octopus everywhere. Selain itu ada tempat fitness dan ruang multimedia untuk syuting. A modern office

Malamnya, kami dijamu CIMB di Rumah Makan Rebung, milik pemenang Master Chefnya Malaysia. Tapi so far walaupun punya seorang Master Chef, kok rasanya agak nggak cocok sama lidah saya ya, dari kemaren lho :&. Walau begitu, satu hal yang saya tahu, kambing bakarnya ENAK MAMPUS. Kambing bakar terenak di dunia dengan saus yang mmmmmm…… *laper*

6

Dan malamnya, menginaplah kami di hotel 5 elements di Chinatown. Banyak hal menarik yang bisa dilihat-lihat, tapi sayangnya jarang sekali jajanan halal di sekitar penginapan kami tersebut. Jadinya ya udah sih foto-foto aja :3

5

7

Nuha sama Gilang mau ikut disko *ngebayangin mbak-mbak di clubnya yang jadul abis diliat dari posternya*

Dengan demikian hari pertama selesai sudah. Eits, tapi saya masih 3 hari lagi bersama trip Titian Muhibah ini, jadi masih

Bersambung……

0 Responses

Posting Komentar

abcs