KP Part 6: Kepala Kakek Putus

Sepanjang pulang dari Pulau Ubin, tetep ada aja yang kami bertujuh kerjakan untuk mengusir kebosenan, dari yang tebak-tebakan alur cerita, sampe sambung-sambung cerita ga jelas yang akhirnya melahirkan cerita horor berjudul Kepala Kakek Putus. Akhirnya, hubungan kami tidak hanya berhenti sampai situ, tapi akhirnya berlanjut ke dunia maya, hingga sekarang. Ada gunanya juga saya telat bangun waktu mau ke Pulau Ubin, jadi bisa mengenalkan the interns sama geng.

Screenshot (65)

Tidak menyangka grup main kali ini asik.  Kami para interns (saya, kemal, ashar, raja) biasanya kemudian kalo hari Senin atau Selasa menjadi tidak sabar untuk segera bertemu weekend dan merencanakan “besok kemana ya” via grup ini. Grup ini kadang juga menjadi distraksi luar biasa kalo lagi kerja atau lembur tugas di malam hari, karena sering share-share dan diskusi hal aneh, salah satu jenisnya adalah video, sampe saya dokumentasikan disini, lol

Tapi ajaibnya, hingga pulang, kami malah justru ngga pernah main lengkap bertujuh lagi, ada aja yang ngga bisa. Yaudah sih yang penting main (kalo pikiran saya dan the interns). Beberapa main kami sebelum saya balik antara lain:

1. Nonton The Internship

S$8 per tiket, Golden Village, Jurong Point.

image

Sebagai interns, kami merasa perlu nonton The Internship, apalagi ceritanya juga berbau-bau geek.

2. Bukit Batok Nature Park dan Ikea Tampines

Trip ini sepi, cuma ada saya, Kemal dan Agi yang ngeyolo ke Bukit Batok Nature Park. Singapore ini saya salutnya, walau dipenuhi bangungan tinggi, mereka tetap me-reserve tempat yang diperuntukkan khusus untuk hutan atau taman kota. Nature Park ini persisi seperti hutan, dengan di tengahnya tau-tau ada danau.

1 (2)

foto credit to Kemal

Cukup indah, tapi ternyata nggak begitu besar, kirain harus seharian untuk menjelajahi Nature Park yang satu ini, ternyata kayak jam 10 atau 11 gitu udah selesai heu. Karena masih pagi, jadilah Agi ngajak kami untuk ke Ikea Tampines demi BELI BAKSO.

image

Kami naik bus, lupa jalur apa yang jelas itu selama 1,5 jam dari Bukit Batok Nature Park ke Bedok. Dari Bedok naik MRT ke Tampines disambung dari Tampines kami naik bus gratisan ke komplek Ikea. Total perjalanan 3 jam hahahaa udah kayak Jogja – Semarang aja.

Ini bukan pertama kali sih sebenernya ke Ikea, dulu waktu pindahan kos sempet juga ke Ikea buat beli beberapa barang. Ikea ini mirip Informa dan Ace Hardware gitu, tapi furniture dan barang-barangnya lebih lucu, artistik, wow, unik, minimalis, serbaguna, cocok banget buat memaksimalkan ruang. Nah di Ikea ini ada Restorannya yang menjual makanan-makanan Skandinavia, dan, Ikea Tampines adalah satu-satunya Ikea Singapore yang jual Swedish Meatball versi Halal (ada di line 3).

2

Reviewnya di posting selanjutnya ya :p

3. Karaoke

Ceritanya, si Ashar ternyata nggak pernah karaoke, akhirnya kami memutuskan pada sebuah Weekend ajakin dia karaoke. Kami karaoke di gedung NTU Alumni Club Buona Vista, di KTV Teo Heng. Sewa medium room dengan rate S$10 sejam kalau ngga salah, cukup murah untuk ukuran Singapur, tapi…… Interface mesin pemilih lagunya ngga user friendly banget >,<

1

boleh bawa makanan dan minum dari luar. Lagunya juga entah kenapa ada lagu Indonesia bahkan dangdutnya, ngga ngerti lagi.

4. Universal Studio Singapore

Tiket masuk: S$74. Beli minum S$12.

Bukan kali pertama saya ke USS sih, tahun lalu juga pernah. Tapi karena orang-orangnya beda, tetap tercetus keinginan untuk main ke USS. Foto credit to Kak Natali (anak UI yang lagi exchange di NUS).

1

Tips: pergi pagi (jam 10 udah sampe), pulang malem. Bawa minuman yang banyak dan makan siang ahahaha…

5. NTU

Kemal, Ashar, Andros (mahasiswa lain dari UI yang juga intern di NUS) dan Kak Natali ceritanya mau studi banding ke NTU, jadi saya ajak mereka putar-putar NTU. NTU ini cukup besar tapi sebagian besar adalah hutan dan hall, jadi saya ajak mereka ke South Spine dan North Spine saja. Rutenya Lee Wee Nam, Student Activities Center, Canteen A, Canteen B, The Quad. Gitu aja sih.

image

Sepertinya rute saya kali ini kurang menarik karena mereka mengeluh hanya melihat pemandangan yang sama aja. FYI, seluruh gedung di NTU ini “nyambung”, bisa dari satu gedung ke gedung lain tanpa kebasahan, dan, North Spine dan South Spine ini mirip banget bentuknya sedemikian hingga mereka bingung.

Berbeda dengan NUS, NTU ini per school dibedakan oleh “sayap” dan lecture hall bisa digunakan school manapun, sementara NUS dibedakan per gedung terpisah. Suasananya juga beda kata mereka, NTU lebih santai. Kalau pernah ke UI dan ITB kemudian NUS dan NTU macem Ashar dan Kemal ini, orang tersebut pasti komentar “NTU ini ITB banget ya, kalo NUS itu UI banget”. Saya belom pernah ke NUS dan UI waktu itu jadi belom bisa bandingin. Tapi emang sih ITB tuh NTU banget.

Selesai tour, kami makan bareng di The Quad

6. Skating

Tarif S$14 untuk 2 jam, sewa sepatu S$3.5 @ The Rink JCube Jurong East.

2

Saya dan Raja ngga bisa skating sama sekali, tapi alhamdulillah at least bisa berdiri dan jalan-jalan sedikit. In the end malah pengen skating lagi :”

7. Anter pulang

Daaaaaaaaaan akhirnya Andros, Kemal, Ashar pulang ke Indo di awal September. Masa intern mereka udah abis. Sementara Raja tetep di NUS karena dia juga apply exchange, weleh.

3

Terus terjadi kejadian mengharukan karena Kemal berjanji pada dirinya sendiri kalo ada Iib/Agi yang anter mereka pulang, dia bakal meluk. Baiklah.

Kemal sendiri sekarang lagi di Tokyo, exchange di Tokodai selama 1 tahun, berangkat hanya beberapa hari setelah pulang dari Singapur.

8. Mac Ritchie

Raja ngajakin kami ke Mac Ritchie, karena pengen naik jembatan maha keren ini

http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/00873/singapore_walkway_873256c.jpg

walhasil kami ke Mac Ritchie, aslinya ini reservoir sih, cuman ada Nature Parknya juga. Masuk gratis.

image_thumb[12]

Rutenya beragam, dari yang pinggir reservoir sampe masuk hutan, jalan becek, jalan berbatu, jalan yang banyak monyet, sampe jalan di samping lapangan golf.

1

Tips: bawa payung dan minum.

2

Sampaila di menara pandang. Tapi karena Ifah mau ada acara, kami pulang padahal belum sampe ke jembatan tadi. Nah Mac Ritchie ini ada beberapa rute dan kami ambil rute yang 7km. Kirain habis itu langsung exit, ternyataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa masih harus jalan 4 km apa ya buat exit, jadi kami jalan kaki 11 km. Lebih kayaknya. Pegel mampus habis itu wkwkw

Pentup

Buat saya sendiri, ini lingkungan dengan jenis yang baru, karena saya meskipun kuliah di IT, saya ngga pernah terdampar di lingkungan yang literally geek tapi bisa menerima ke-geek an masing-masing. Agi yang Microsoft Fan Boy, Ashar dan Kemal yang open source geek, Raja yang (sok-sok) atheis, Iib yang kerja di Google tapi pakenya Windows Phone :v dan sebagainya. Obrolannya jelas beda. Saya hampir ngga bisa ngobrol geek ama circle-circle saya sebelumnya, tapi sama mereka bisa. Karena dari berbagai latar belakang “agama” teknologi dan universitas, kami jadi justru saling tambah ilmu, berasa wawasan lebih terbuka, apalagi Agi yang geek banget padahal bukan anak computer science sering bikin saya Ashar Kemal merasa kurang geek. Mereka juga open banget dan kocak jayus ga jelas, beda ama lingkungan dan circle Jogja yang kalem-kalem jaim. Sumpah kangen.

image

ketemu Andros dan Ashar di Gemastik

This post is dedicated to Kepala Kakek Putus members, thanks for filling a quarter of my 2013 life with full of awesomeness. Regards, Nurvirta, 31 December 2013.

Bersambung…

Peta Rute Trans Jogja Terbaru (Desember 2013 - 2014)

Iseng, saya main ke Dinas Perhubungan dan Kominfo DIY, dan mendapatkan peta rute Trans Jogja terbaru dan mungkin akan terpakai hingga tahun 2014. Perbedaan paling menonjol ada di jalur 1B nya sih karena jalur 1B sekarang lewat Babarsari dan mampir ke Terminal Condong Catur juga, bikin dari kampus mau ke Amplaz doang jadi lama ahaha... Gosipnya, tahun 2015 jalurnya mau dirombak total menjadi point to point agar lebih efisien. Maju terus Trans Jogja *kiss bye*

Peta ini mencakup halte biasa dan halte portable (halte "turun"). Halte portable ini menarik karena berupa tangga yang ngga ada penjaganya. Tapi kalo punya kartu langganan ternyata kita bisa juga naik via halte portable ini terus tap di dalam bus, widih canggih. Di peta ini ada perubahan warna penanda jalur jadi jangan bingung ya, cekidot! Klik kanan pada gambar, pilih open image in new tab untuk memperbesar. Selamat liburan semuanya :)



KP Part 5: HUT RI dan Pulau Ubin

Jadi ceritanya, di Hari Kemerdekaan RI, kebetulan hari Sabtu jadi pada libur, Agi ngajakin Ifah, Iib, dan saya untuk ke Pulau Ubin, yang adalah salah satu tempat dengan rating tinggi di Trip Advisor dan menurut webnya, adalah Last Kampung di Singapore (secara Singapore isinya kan HDB semua). Kami janjian untuk cus dari Pioneer MRT jam 6 pagi, tapi apa daya karena malemnya saya begadang....

Saya kesiangan.

Tetot sekali, saya liat hape ternyata udah pada miskolin dan sms dan wasap buaahahaa, setelah mohon-mohon minta maaf akhirnya diundur jadi sorean perginya. Sedih pol waktu itu, maaf banget teman-teman :'(

Akhirnya karena pagi nganggur, saya memutuskan untuk ke KBRI saja sendirian. Ngajakin Ifah tapi dianya ga mau, yaudah sih YOLO, kapan lagi saya 17-an di Singapur.

Upacara di KBRI

Sebenernya saya ngga kedapetan upacaranya sih, sampe sana tetep aja kesiangan, upacaranya udah selesai :'(

Tapi tetep, boleh masuk ke dalam buat makan-makan, yakali jauh-jauh dari Jurong West ke KBRI selama 51 menit perjalanan ngga dapet apa-apa :))

Capture

Pioneer MRT, naik EW (hijau) arah Pasir Ris, turun Queenstown di exit B, cari bus stop, naik bus 111, turun di 6 bus stop setelahnya, terus jalan ke KBRI.

Disini untung ketemu teman-teman PINUS (Pelajar Indonesia NUS) termasuk Ashar dan Kemal. Waktu ini, saya belum kenal anak-anak PINTU malahan (Pelajar Indonesia NTU).

1

Daaaan makanannya ini enak-enak banget brosis, untuk foto makanan credit to Ashar Fuadi (inget, foto-foto saya masih pada di hardisk yang rusak, huee)

2

Roti coklatnya enak parah asli.

Iseng, saya ngajakin anak berdua ini untuk ikut trip ke Pulau Ubin bersama geng Agi-Iib-Ifah dan mereka mau. Mereka kemudian ngajakin Raja dan sepakat ketemuan di MRT Jurong East aja.

Pulau Ubin

Siang sempet hujan dan khawatir, sorenya cerah nggak ya, tapi untungnya emang lumayan cerah sehingga kami bisa pergi ke Pulau Ubin. Dari Pioneer, kami naik MRT EW (hijau) arah Pasir Ris turun di Bedok, terus kami nunggu Raja yang kesiangan di Bus Stop 84031 seberang stasiun MRT. Nah dari sini naik bus Jalur 2 dan tunggu sebanyak 31 bus stop hingga bus stop 99009 atau 99139 terserah sih pokoknya tujuan akhirnya Changi Point Ferry Terminal.

1

Oke, perjalanan jauh ini memakan waktu dua jam lebih, satu jam sendiri ada di bus. Daripada ngga jelas di bus, kami mainan permainan yang waktu itu kami tau namanya "connect". Jadi peraturannya, ada satu pemain menjadi game master, satu pemain breaker dan yang lain pemain biasa/penebak. Game master memikirkan satu kata dan pemain harus menebak. Iterasi ke-0 nya, game master memberi satu huruf awal, misal P, nah penebak harus saling kode-kodean. Misal kemudian penebak 1 ingin menebak, dia tidak boleh menyebutkan kata berawalan P, tapi bolehnya menyebutkan kode

Penebak 1: "Butiran, di pantai, halus"

Nah kalau ada yang tahu jawabannya, penebak lain harus bilang "connect" terlebih dahulu

Penebak 2: "Connect"

Setelah itu keduanya bersamaan menyebutkan kata yang sama-sama dipikirkan sambil bilang "1-2-3" dulu

Penebak 1 dan 2: "1-2-3, pasir!!!!"

Kalau sama, game master memberi huruf selanjutnya, misal I, jadinya sekarang "PI". Penebak harus memikirkan kata berawalan PI. Siapapun boleh memberi clue asal penebak.

Penebak 2: "Di rumah"

Nah penebak harus memberikan clue secara implisit, soalnya bisa di break sama breaker

Breaker: "Pintu!"

Nah kalo breaker bener nebak yang di pikiran penebak, clue batal dan harus cari clue lain. Ini sumpah permainan kode-kodean yang seru dan bikin ngakak karena kita kadang ngga kepikiran sebuah clue dan ngga kepikiran konektivitasnya, kayak Agi dan Iib waktu nebak, ketika huruf yang ter-reveal sudah "PERT"

Agi: "Lebih dari empat" | Iib: "connect!" | Agi dan Iib: "1-2-3, PERTUJUAAAAAAN!"

Maksudnya adalah plesetan dari pertigaan, simpangan yang lebih dari empat dengan depannya "pert" berarti pertujuhan. Dafuq banget lah.

Akhirnya setelah sekian jam perjalanan, sampai juga ke Changi poin ferry Terminal. Kami naik kapal, per orangnya S$2.5 sekali jalan, bolak balik berarti S$5

Dan sampailah di Pulau Ubiiiin... (foto dan video credit to Kemal Maulana)

1098316_10200426572723359_1336861460_n

The Interns di Pulau Ubin: Raja, Ashar, Kemal, saya

Di sini kita juga bisa pinjam sepeda, satu harinya S$8 untuk keliling pulau sepuasnya. Kesan pertama saya adalah: Ini nggak Singapur banget. Saya sehari-hari melihat bentukan Singapur adalah kota padat dengan apartemen HDB dimana-mana dan gedung perkantoran tinggi. Di Pulau ini yang saya lihat adalah hutan, LANDED HOUSE YANG TIDAK MEWAH (karena kalo di Singapore, landed house itu mahal banget jadi pasti rumahnya bagus ala-ala The Sims), kampung, jalan yang ngga bagus-bagus amat dan kesederhanaan. Jauh dari hingar bingar kota lah.

page

landed house Pulau Ubin vs dalam kota, sumber: wikipedia dan denoxa.com

Kami cycling hingga Check Jawa site, nemu rumah nomer 1 di Pulau Ubin dan numpang Sholat :)) dilanjut narsis

1146737_10200426573963390_1789437222_n

The Interns narsis di atas batu

Kata Agi, dinamai pulau Ubin karena memang dulu ada banyak pengrajin Ubin, ngga tau sih dia ngibul apa engga, ini videonya:

Jalan-Jalan Mon Part 1 https://www.facebook.com/photo.php?v=10200575310641714&set=vb.1127442816&type=3

Kami kemudian melanjutkan jalan ke Jembatan kayu yang kira-kira begini bentuknya

http://aworldtravel.files.wordpress.com/2012/10/pulau-ubin-wetland.jpg

Lengkapnya seperti apa kalo selo bisa dilihat di Jalan-Jalan Mon Part 2 https://www.facebook.com/photo.php?v=10200575320841969&set=vb.1127442816&type=3

Terus kami melanjutkan perjalan ke tower kayu empat lantai untuk melihat pemandangan yang Subhanallah

1005813_10200426578843512_1313533728_n

Video: Jalan-jalan Mon Part 3 https://www.facebook.com/photo.php?v=10200575325362082&set=vb.1127442816&type=3&permPage=1

Terakhir, gowes di sebelah danau

64513_10200426586243697_2006367886_n

Kemudian balikin sepeda, beli es kelapa muda saking hausnya, dan pulang.

Video: Jalan-jalan Mon Part 4 https://www.facebook.com/photo.php?v=10200575331562237&set=vb.1127442816&type=3&permPage=1

Kesimpulan

Capeeeeeeeeeeeek, tapi Pulau Ubin indah aselik, worth to try kalo ke Singapore. Ke Singapore jangan cuma ke Orchard deh, sekali-kali cari wisata ngga mainstream (di mata orang Indo) macan Pulau Ubin ini. Tips sih bawa makanan dan minum yang banyak karena gowesnya cape. Kesini juga minimal luangkan waktu 3 jam untuk jelajahi seisi pulaunya biar puas, jadi mending dateng pagi banget terus pulang sore/maghrib. Ohya jangan tanya rute ke saya soalnya saya juga ga paham, cuman ngikutin Agi :)) kalo pertama kali kemari dan ngga ada guide, saran saya pertama masuk Pulau langsung aja cari Information Center. Bagusnya Singapore, sekampung apapun, informasi yang jelas bisa kita dapatkan sedemikian hingga kita ngga tersesat dan tetap merasa nyaman berwisata, salut!

bersambung...

KP Part 4: Singapore National Day

Ini dimulai ketika tanggal 2 Agustus 2013, saya janjian ketemuan sama Mercia Wijaya, temen sekamar saya jaman pelatnas IMO SMA dulu yang mana dia sekarang sudah lulus dari math NUS dan menjadi guru SMP disana (sumpah Mer, ngga pernah ngebayangin lo jadi guru SMP lol).

Kebetulan, mamanya Mercia ama adeknya, Tante Yulie ama Michael juga lagi liburan ke Singapur, jadilah Mercia ngajak kami ketemuan dan makan-makan. Saya ajak sekalian Raja Oktovin, temen pelatnas kami juga yang memang lagi intern juga tapi di NUS. Dari beberapa hari sebelumnya mau ketemuan sama dia tapi ngga kesampaian melulu. Raja kemudian membawa dua teman kampusnya (UI) yang juga lagi intern di NUS, si Ashar Fuadi dan Kemal Maulana, disitulah awal mula saya kenal mereka berdua. Kami kumpul di Singapore Botanic Garden jam 4 sore, tapi ternyata sampe sana, saya yang sampe duluan, disusul Raja dan rombongan, terus Mercia dan rombongan.

Botanic Garden, masuknya gratis. Turun di MRT station Botanic Garden aja, keluar udah langsung gerbang Botanic Garden. Botanic Garden ini luas banget, dan kata Mercia bisa “memperpendek” jalan dari daerah situ ke Orchard, yang mana kalo naik MRT jatuhnya jauh banget. Iyain aja sih. Tempat ini kata Ashar mirip sama Kebun Raya Bogor (iyalah secara yang bikin sama-sama pak Raffles) tapi karena sayanya belum pernah ke KRB ya udah sih ga bisa bandingin hehe. Karena cuma lewat dan hardisk saya rusak kan ya, maaf ngga ada foto-foto Botanic Garden.

Dari situ langsung cus ke Makansutra di daerah Esplanade, tempat kami makan dan well, tempatnya penuh bangeeeeeeeeeeeeeeeet, bahkan sampai waktu berbuka (waktu itu masih puasa), kami belum dapet tempat. Akhirnya dapet tempat juga setelah menunggu hampir 45 menit. Kami pesen sting ray yang terkenal itu, seafood lain dan beberapa sate ayam. Uniknya, di sini ada device semacam ufo yang diberi ke customer saat memesan makanan. Ajaibnya, si Ufo kemudian akan bersinar ketika pesanan kita sudah siap, seperti gambar di bawah ini.

1175305_10201154887507731_798936090_n

Setelah menyala, kita harus mengambil pesanan kita di stall yang tersedia, dituker ama ufonya.

1

Sting ray nya enak, cuminya enak, satenya enak, buncisnya paling enaaaaaaaaaaaaaak… Akhirnya makan buncis ala singapore-nya L’Cost Jogja di Singapore beneran. Minumnya es kalamansi, dan ini enak banget asli. Minuman paling menyegarkan di Singapur yang pernah saya coba. Beberapa saat kemudian saya mendengar suara ledakan kemudian pengunjung yang lain mengarahkan kameranya

1174870_10201154890187798_1514777110_n

Ternyata, lagi ada pesta kembang api bung…

2

… ternyata sedang ada REHEARSAL untuk National Day Parade bung… Bayangin dong, cuma gladi bersih acara ulang tahun sebuah negara, menggunakan kembang api sungguhan, salut abis deh

1186276_10201154887467730_2131917093_n

Hari- H, 9 Agustus 2013

Semenjak nonton kembang api rehearsal, saya jadi pengen nonton hari-H nya karena pasti spektakuler. Saya punya self achievement yang pengen saya wujudkan: foto dengan latar belakang kembang api. Saya diajakin nonton sama anak-anak NUS di Marina Parade sebenernya, tapi karena siangnya diajakin Ifah makan opor di kosannya bareng sama Agi dan Iib (thanks to Ifah, opornya enak banget), saya jadi ngga bisa kumpul sama mereka jam setengah 2 di tempat yang dijanjikan.

Jadilah kami berempat membuat trip NDP kami sendiri, dari Jurong East tempat Ifah, naik bus sampai MRT Haw Par Villa dilanjut naik jalur kuning ke Harbour Front dan naik bus ke arah Marina dimana acara utamanya digelar, tapi ternyataaaaaaaa… Jalan sudah banyak yang ditutup, Fullerton bahkan sudah full waktu saya lihat dari bis dan bis cuma berhenti sampai daerah Suntec City dan itu cukup jauh dari tempat acara. Ternyata lagi, banyak orang yang senasib ama kami, tersesat. Cari-carilah kami jalan keluar guna bisa sampai ke tempat acara tapi sama aja, banyak jalan ditutup. Nah disini agak lupa, entah gimana caranya akhirnya kami naik bisa nemu jalan ke arah MRT (thanks to Iib yang pernah KP di PayPal dalem gedung Suntec) dan naik MRT lagi turun Bayfront, keluar ke arah lobi Marina Bay Sands yang menghadap sungai dan alhamdulillaaaaah masih rada sepi jadi bisa cari-cari tempat padahal udah malem. Salut abis ama Agi yang bisa cari tempat tidak terduga. Total kayaknya dua jam buat cari tempat doang gara-gara banyak jalan ditutup.

3

pada nungguin kembang api

Daaaaaaaaaaan si kembang api yang ditunggu-tunggu pun tiba, semua mengeluarkan senjatanya, termasuk senjata saya, Lumia 820 *untung sempat backup foto-foto NDP ke Facebook*

4

Gitu-gitu doang sih sebenernya, namanya kembang api juga dimana-mana sama, tapi saya kesini dengan satu tujuan, untuk berfoto dengan latar belakang kembang api!

5

Daaaaaaaaaaan mission complete akhirnya wkwkwk…

Capek, akhirnya pulangnya kami makan di Spize, reviewnya di beberapa postingan selanjutnya deh :p Tips aja, kalau mau nonton National Day Parade atau acara-acara lain yang berbau Kembang Api di Singapur, datenglah dari siang. Nunggu lama ngga papa sih yang penting kedapetan tempat. Bawa minuman karena pasti haus. Bawa kartu buat mainan karena pasti bosen nunggu wkwkw…

Bersambung…

KP Part 3: Gardens by The Bay!

Web: http://www.gardensbythebay.com.sg/

Ini adalah salah satu tempat paling indah yang pernah saya kunjungi di Singapur. Gimana caranya ke sana? Dari Pioneer naik Jalur hijau (EW) sampe Raffles Place, terus naik jalur merah (NS) arah Marina Bay dan turun Marina Bay, terkahir naik kuning (CC) arah Harbour Front turun di Bayfront. Apesnya, waktu pertama kali kesana, kami malah turun di Promenade dan jalan jauh pake ngalang jalan tol segala hahahaaa…

Tempat ini saya alokasikan satu postingan khusus karena selama Kerja Praktek di Singapur 3 bulan, saya kesini EMPAT KALI. Iya, selo banget ya sampe empat kali heu heu.

5

Pertama,

Ketika baru beberapa hari di Singapur, temen saya dari Elektro UGM, Fanni Irsanti ternyata mau ada konferensi di India dan transit di Singapura cukup lama, 12 jam apa ya, dan karena saya cukup selo, saya temenin jalan-jalan, salah satunya ke sini.

1

Kami naik ke atas jembatan, OCBC Skylink namanya, biayanya S$5 per orang. Tapi kalo cuma main di taman yang berisi Giant Skytree ini, gratis. Ohya skytree atau pohon buatan ini dibuat seperti pohon aslinya, bisa fotosintesis juga dia. Ckckck dasar Singapur.

Kedua,

Bersama teman-teman ERAP saya dan kenalan-kenalannya. Ada Diah, Delphine, Arnan, Subham, Aifei dan Thuy. Kami naik OCBC skyway

32

Dan dilanjut dengan masuk ke satu konservatorium. Di sini ada dua konservatorium atau taman, yaitu Cloud Forest dan Flower Dome, kami memilih Cloud Forest. Satu konservatoriumnya S$12, beruntung kami punya work permit sehingga boleh masuk satu konservatorium saja. Kalo turis biasa, harus masuk dua duanya dan membayar S$28, kalo pemegang long term pass dan Singaporean bisa masuk dua konservatorium dengan hanya S$20 saja. Ini skema ticketingnya:

image

Cloud Forest ini menarik banget, mengadopsi hutan hujan kayak di Kalimantan gitu. Waktu masuk disambut dengan air terjun buatan setinggi 7 lantai:

6

Enaknya, di sini kami bisa “mendaki” air terjun tadi. Cukup ikuti rutenya saja, tanpa sadar sudah sampai dalam dan tau-tau sudah di puncak air terjun.

79

Pemandangan dari atasnya indah banget, paling enak kalo kesini bareng keluarga atau orang terdekat :”>

8

Di akhir trip ada semacam video gitu menjelaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan karena suhu bumi lama-lama tambah panas.

4

Ketiga,

Menemani Febri, temen satu pelatihan jaman SMP dulu (sekarang kuliah di UI) dan temennya, Yekti yang me-YOLO ke Malaysia dan Singapur buat liburan

image

Keempat,

Nemenin temen yang kuliah di Pendidikan Dokter UGM, si Agung Hartoko yang juga YOLO ke Singapur SENDIRIAN. Awalnya mau rombongan berempat tapi dua temennya ngga bisa, terus pacarnya juga ngga dibolehin orang tuanya. Akhirnya karena udah terlanjur pesan segala hal, dia tetep berangkat walau sendirian. Salut bro, ahahaha…

Saya karena masih ada urusan di NTU, nemenin dia cuma siang, cuma ke Flower Domenya aja. Bunganya indah-indah, bikin terharu.

132

Kesimpulan

Gardens by The Bay adalah tempat yang sangat recommended untuk dikunjungi ketika di Singapura, apalagi kalo hobi tentang berbau tumbuhan atau foto-foto (karena banyak tempat yang foto-able). Saran saya cek dulu web nya (ada di paling atas post) kalo mau dateng, siapa tau ada promosi. Terus juga, ngga usah naik shuttle car yang disediakan (S$2 PP) soalnya jalan kaki pun deket. Bawa payung jangan lupa, soalnya panas banget di luarnya. Bawa minum yang banyak takut kehausan soalnya visit time cukup lama, 4 jam kalo ditambah sekaligus visit ke dua konservatorium. Juga, karena tempat makan di dalem (kafe dan restoran) nya mahal-mahal, mending bawa bekal atau makanan dari luar, atau malah makan di tempat lain.

Bersambung…

KP Part 2: Puasa dan Lebaran di Singapura

Cieee nungguin postingan saya yaaa :3 Maaf banget blog saya ini jadi berdebu banget karena sebenarnya hardisk saya yang berisis foto-foto Singapore rusak sedemikian hingga saya menjadi bete dan mutung ngga ngeblog *childish banget sik*.

Setelah saya pikir-pikir, terlalu childish melakukan hal demikian, maka saya ngeblog lagi deh, soalnya banyak yang nanya “kok udah nggak update lagi mon”. Baiklah atas tingginya permintaan, saya update lagi deh :3

Jadi ini adalah part 2 dari KP saya. Di part 2 ini saya akan bercerita tentang secuil kehidupan bulan pertama saya disana. Saya lima hari disana sudah langsung puasa, sedemikian hingga saya harus berpuasa sebulan full di negeri orang.

Berpuasa di Singapore sebenernya gampang-gampang susah. Susahnya mungkin karena sebagian besar orang ngga berpuasa jadi kantin beroperasi normal, orang makan normal, dan sebagainya, juga karena di tempat publik jarang ada musholla, sedemikian hingga kalau buka puasa bareng di mall harus cari tangga darurat buat sholat. Tapi alhamdulillahnya tetep aja banyak kemudahan. Contoh kemudahan yang saya dapatkan adalah ketika ketahuan berjilbab, otomatis ketahuan kita Islam kan, dan saya sering banget kalo kedapetan maghrib lagi di luar tau-tau ada orang ngasih minum buat buka secara gratis padahal dia bukan muslim, sumpah terharu :’)

Kemudahan lainnya, saya selama puasa tinggal di tempat keluarga Bu Lena dan Pak Fooad yang adalah keluarga muslim sehingga selalu dibangunin sahur, dimasakin sahur dan dimasakin buka *terharu abis*, diajakin buka bareng di luar, dan lain sebagainya. Alhamdulillah dapet lingkungan yang baik, walau saya cuma sampe lebaran ada di rumah mereka sebelum akhirnya pindah ke kosan yang baru karena rumah mereka kebetulan akan ketamuan kerabat dalam waktu dekat untuk jangka waktu yang lama.

Ini contohnya ketika saya diajakin buka bersama se-Kecamatan Chua Chu Kang di Masjid Ar-Raudhah

image

Tanpa disangka, acara ini juga dihadiri Menteri Kesehatan. Negara kecil emang gampang banget ya mendatangkan Menteri buat menghadiri acara buka puasa level kecamatan gini.

image

Terus makannya juga secara kembulan alias rame-rame satu baskom. Biasanya kalo ngga nasi briyani ya nasi sambal goreng macam gini. Apapun rasanya tetep enak karena dimakan bersama-sama. Ternyata, yang ikut acara ini ngga cuma muslim aja, tapi juga banyak orang-orang non muslim juga yang ikut untuk merasakan gimana sih rasanya buka puasa bersama.

image

Ohya satu hal, di sini saya belajar untuk ngga bobo habis shubuh, huahahahaaa… Hal ini mungkin banget karena di Singapore kan pake waktu GMT+8 padahal waktu sholatnya setara ama Riau/Sumatera, jadi bayangin aja jam 5 baru sahur, antara 5.45 – 06.00 shubuh, terus jam 07.00 anak-anak udah masuk sekolah which is jam 06.30 berangkat. Jadi saya mau ngga mau juga ngikutin pola anak-anak Pak Fooad yang masih pada sekolah tadi karena ambience nya begitu ahhahaa…

Sebenernya buka puasa bersama juga banyak digelar oleh banyak pihak seperti NTU Muslim Society. Saya pernah ikutan bareng Ifah sekali doang sambil tarawih tapi sayangnya fotonya di hardisk yang rusak itu. By default, NTU juga menghargai penduduk muslimnya dengan menyediakan mushola. Cewek dan cowok dipisah, beruntung mushola cewenya di deket lab saya, di S1 lantai B5 (yes, basement 5, via lift fireman yang deket bus stop Wee Kim Wee). Kalo cape saya demen banget bobo disini hahahaha… secara privat banget tempatnya.

WP_20131003_004

Lalu sekitar rada akhir Ramadhan, saya kembali ngajakin Ifah buat buka puasa bareng. Saya pengen ke Geylang Ramadhan Market dan dia mengamini.

foto: http://farm3.static.flickr.com/2658/3886769225_e46ce28daa.jpg

Dari NTU saya ke Pioneer MRT Station terus naik EW (ijo) ke arah Pasir Ris, turun di Jurong East untuk ketemu Ifah dan Agi, terus naik EW lagi ke arah Pasir Ris turun di Paya Lebar MRT Station. Nah disini ketemu sama Iib yang emang udah langsung kesini dari kantornya. Dari Stasiun Paya Lebar kami buka puasa di Masjid dekat situ baru jalan ke Ramadhan Market. Langsung kelihatan kok sinar-sinar lampunya.

image

foto: http://www.flickr.com/photos/10480597@N08/2828343204/in/photostream/

Ada banyak yang dijual di sana, baju, tas, karpet, perlengkapan lebaran, tapi saya ngga tertarik. Saya cuma tertarik ama makanan-makanannya hahahhaa yang tentunya halal semua disana jadinya langsung kalap beli banyak makanan: air kathira, roti apalah itu, takoyaki dan okonomiyaki. Maaf ngga ada fotonya karena hardisk rusak heu.

Lebaran

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba, lebaran, 8 Agustus 2013. Saya nginep di kamar Ifah sehari sebelumnya biar ada temen berangkat ke KBRI dan kami ke KBRI naik taksi *gaya pol*

1

Shaf wanita penuh dengan ibu-ibu TKI. Sedihnya, shafnya kurang rapat dan lurus gitu karena nggak ada batasan shaf yang jelas :( Senengnya, bisa makan makanan Indonesia lagi setelah satu bulan berjibaku dengan makanan Singapur yang even makanan malay nya rasanya aneh. Yay makan opor!

2

Ngga cuma opor juga sih, ada dessert, es dan sebagainya. Selain itu juga bisa kenalan dengan banyak teman lain, baik itu teman-teman Indonesia yang belajar NTU, NUS, maupun universitas lain di Singapura, kemudian sempatin berfoto sama pak Dubes dan istri.

3

Sorenya, saya diajakin Mercia, temen pelatnas saja jaman SMA gowes di East Coast Park bareng freshie-freshie NUS dan beberapa anak NUS yang lain. Itu lokasinya jauh. Kami kumpul di Kent Ridge MRT dan saya terlalu postive thinking, udah disana on time tapi mereka telat sejam ahahahaa…

Dari Kent Ridge naik kuning turun di Buona Vista terus naik ijo turun di Bedok MRT. Nah dari situ jalan ke bus stop dan naik bus (tapi lupa jalur apa), jauh pokoknya terus masih disambung jalan kaki juga. Taraaaa ini dia East Coast Park

5

Enak banget buat piknik bersama keluarga maupun teman-teman rombongan. Bisa kemping, gowes, mancing, sepatu rodaan, jogging, dan kami memilih gowes. Sejam S$8 kalo ngga salah. Banyak varian sepeda sih dan banyak juga macem-macem harganya.

4

Di sini saya mendapati bahwa ternyata banyak juga anak NUS yang ngga bisa main sepeda… Cowok bahkan. Saya akhirnya kemudian nebengin beberapa cowok tersebut bergantian (karena cowok yang bisa naik sepeda pun ternyata banyak yang ngga bisa ngeboncengin cowok yang lain, capedeh wkwkw). Langsung bersyukur gitu kecilnya hidup di desa yang hobinya sepedaan, soalnya usut punya usut setelah interview dengan mereka yang ngga bisa naik sepeda ketika saya boncengin, ada yang cerita karena emang ga dibolehin ama ortunya jadi sekolah diantar jemput supir, gapernah ngerasain naik sepeda, kasian :(

Cerita bahagianya, ada diantara mereka yang habis saya boncengin terus termotivasi belajar naik sepeda dan bisa hueeeeee terharu maksimal lol.

Bersambung…

abcs