Movember Part 11: Keliling Brunei (Habis)

Setelah seneng kemarin kami dapet Merit (bisa dibaca di Movember part 10), esoknya kami ikut tur untuk keliling Brunei, ke Museum Kerajaan, Museum Brunei, Kampong Ayer dan Masjid Sultan terus ke Gadong.

Sempet ada tragedi kami telat sih gara-gara beli suvenir dulu, sumpah nggak enak banget Sad smile

Museum Kerajaan Brunei ini interesting, kalo di Jogja mirip-mirip Ullen Sentalu gitu. Museumnya ramai dan terawat, sampe-sampe kalo masuk harus pake sendal khusus biar gak mengotori lantainya. Cus ke Museum Brunei. Di sini agak kurang interesting sih :/

Nah setelah itu baru interesting, kami ke Kampong Ayer, perkampungan yang ngambang di atas air. Konon perkampungan ini cikal bakal negara Brunei. Mirip-mirip kampung terapung daerah Kalimantan gitu kali ya (Brunei juga Kalimantan Nurvirta –,-)

Kalau mau ke sana harus pake Taksi air. Lucunya, penduduk Kampong Ayer ini selain punya boat masing-masing, mereka juga punya mobil yang kemudian dititipkan di pinggir sungai. Nggak takut dicolong? Kriminalitas di sini rendah banget, kalo ada yang nyolong ya paling TKI Sad smile semua penduduk terjamin hidupnya, gaji tinggi, kesehatan murah, bebas pajak. Enak banget kan…

Sempat bertamu juga kami ke salah satu rumah disana. Disuguhi makanan-makanan yang mirip makanan di Jogja, tapi banyak yang unik juga sih.

Kami juga diajak jalan-jalan keliling Kampong Ayer sampe gempor muter-muter, gede banget ternyata Disappointed smile tapi dapet sunset yang lumayan sih Embarrassed smile

And then kami ke masjid Sultan untuk sholat

cantik banget, btw masjid cantik di Brunei ndak cuma ini, ada juga masjid ini yang ada di deket Mall Yayasan

Terus Gadong, ke sebuah mall untuk beli maem dan kemudian siap-siap balik Jakarta. Nggak nyangka banget udah mau pulang aja

Via Brunei Airlines, sampailah kami ke Jakarta sekitar tengah malam. Kami mendarat bersama Korean Airlines KE 788 yang mana itu saya naiki waktu dua minggu sebelumnya pas saya pulang dari Jepang *langsung KSBB*

Cus ke rumah budhe Ema lagi di Cipinang. Kirain bisa santai gitu kan, baru deg sampe Soekarno Hatta dikasih tau Sau kalo saya tetep harus presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) tanggal 8 pagi. Posisi saya sampai Jakarta itu tanggal 7 dini hari dan saya udah pesen tiket balik Jogja tanggal 8 malam! Tanpa pikir panjang, paginya, saya langsung ke kantor Batavia Air untuk reschedule tiket dan Alhamdulillahnya bisa, walau nambah. Ini reschedule kedua saya selama Movember setelah saya reschedule tiket Jakarta-Jogja saya yang harusnya saya naikin sepulang dari Jepang, tapi saya reschedule biar bisa saya naikin sepulang dari Singapura. Ngga papa deh, demi JTETI.

Pulang Jogja 7 malam, bikin KTI dari shubuh, dan presentasi KTI jam 10 pagi, tunggu hasilnya, and guess whaaaat…

page

Saya terpilih jadi Mapres Fakultas. Ahahaaaaaa……

Nggak nyangka banget sodara-sodari. Seneng sih karena perjuangan saya memperjuangkan reschedule pesawat itu ndak sia-sia :’) awalnya sempet ngerasa “oke task completed, nggak malu-maluin jurusan yang udah nunjuk" tapi itu berarti sama aja saya nggak mau berjuang lagi. Udah kepalang basah, semangat Mon untuk dilanjutin Mapresnya, ahaha, mohon doa semuanya :’)

And my Movember was ended happily.

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah setia mengikuti sequel Movember ini yang panjangnya ngalah-ngalahin Harry Potter yang cuma 7 part *nggak sebanding Mon, plis*. Saya nggak pintar mengemas pelajaran hidup untuk dishare, jadi saya tuliskan semua yang saya alami dan yang mungkin saya bagikan saja dengan tulisan bebas di blog ini. Kalopun harus memungut intisari dari segala perjalanan di Movember ini, ada 3 kalimat:

Kalau kita yakin bisa, kita pasti bisa

Saya yakin saya bisa, dan ternyata saya benar-benar bisa. Intinya adalah keyakinan. Seperti yang pernah saya tulis di sebuah status Facebook saya, saya pernah pasang Wallpaper sunrise Jepang dan nggak dinyana itu seperti doa karena saya yakin saya pasti bisa kesana.

Juga ketika saya di Singapura. Setahun lalu saya kesana, saya nggak dapat kesempatan ke Universal Studio Singapore (USS) karena emang waktunya (dan duitnya) nggak ada. Di situ, saya pernah berjanji ke diri saya sendiri dan berkeyakinan bahwa suatu hari saya akan masuk USS Gratis! Jadi jangan pernah mau masuk USS kalo harus mbayar! Dan it happens in Movember.

selempitan

kiri: saya setahun lalu, cuma bisa mejeng di luar, kanan: setahun setelahnya, dapet tiket masuk secara gerrratissss

Juga ketika saya bermimpi ikut kompetisi internasional di 2012, ternyata terkabul dengan APICTA :’) Well, kita sebenernya nggak tahu seberapa besar kemampuan kita sampai kita yakin kita bisa dan push it into our limit.

Pernah tahu prinsip mestakung? Buat suasana selimit mungkin dalam diri dan semesta pasti akan mendukung kita mengeluarkan kemampuan yang bahkan tidak pernah kita duga. Tetap semangat teman-teman! Sampai jumpa di kisah perjalanan saya yang lain, semoga ada :’)

\

movember

Movember, sebuah pergerakan (move) keliling Asia di bulan November mencari jati diri, lebay yo ben