Down and Deep #1

Masih inget saya punya serial berseri Movember? Oke, jadi ceritanya, serial tersebut telah berhasil membuat banyak fans berdatangan *halah* dan membuat banyak perubahan lah pokoknya, dan ngefek ke image saya di hari-hari selanjutnya.

Image Nurvirta yang keren, selalu sukses, dan berprestasi abis.

Padahal nggak selamanya gitu. Nurvirta juga pernah punya masa-masa down dalam dirinya. Penuh kegagalan dan hal kurang beruntung lainnya, yang mana itu saya alami sekarang.

Nyambung posting sebelumnya, itu sebenernya pengantar tentang apa yang sedang terjadi dalam diri saya sekarang. Saya lagi terlanda *terlandaaaa* tiga macam galau mahasiswa dalam waktu bersamaan, dibumbui bumbu PMS. Tapi seiring waktu, saya ngerasa kayaknya saya udah nggak PMS tapi tetep aja feelingnya nggak enak banget, resah dan khawatir. Saya kemudian merasa, “Kamu butuh pelampiasan, Mon…”. Dan.. itulah kenapa akhirnya saya memutuskan untuk bercerita disini sekarang, ini waktunya Smile

Disclaimer: mungkin setelah baca ini, image teman-teman ke saya akan berubah, kesan teman-teman akan berubah, dan fans-fans saya akan berkurang *apasih* tapi sebodo amat sih. This is Nurvirta, real Nurvirta.

Sumber Segala Sumber

Kisah ini dimulai ketika tahun baru, saya merancang apa-apa saja yang saya ingin lakukan tahun 2013 ini, 4 bulan ke depan dan mulai menyusun bagaimana meraihnya. Semua begitu indah di awal. Saya akan ikut Imagine Cup, KP di NTU Singapore, melanjutkan seleksi Mahasiswa Berprestasi, rejeki lancar, hubungan interpersonal lancar (dalam artian, saya nggak pengen punya masalah sama siapa pun). Semua saya amini.

Imagine Cup 2013

Setahun lalu, saya nggak pernah nyangka akan ikut Imagine Cup 2013. Saya memang Microsoft Student Partner (MSP), tapi saya merasa cupu BUANGET. Selain cupu, saya juga ada di bayang-bayang MSP UGM JTETI yang silsilahnya selalu jadi orang keren: Mas Ferro, Mbak Ninan, Mas Risqi, yang kesemuanya pernah juara Imagine Cup Local Final. Saya? Pesimis mampus. Pesimis tapi punya semacam “beban mental”. Tanpa dinyana, hal inilah yang jadi kekuatan tidak terduga dalam diri saya, untuk melakukan hal-hal di luar dugaan saya sebelumnya.

UCrew

Akhirnya ada opportunity di Microsoft, untuk jadi Windows UCrew, yang mana kerjaannya adalah mengedukasi mahasiswa tentang Windows 8 dan Windows Phone 8. Di sini semua UCrew akan dibekali device Lumia 820 dan Acer Iconia W510.

Tanpa pikir panjang, saya langsung ikut seleksi. Motivasinya cuma satu: biar dapet lumianya, terus bikin aplikasi buat Imagine Cup. Naif sekali bukan. Kurang naif apa coba Nurvirta ini –__-Tapi namanya juga if there is a will there is a way. Saya awalnya ngga lolos, tapi entah gimana ceritanya suatu malam saya ditelpon untuk menggantikan UCrew yang mengundurkan diri. Dengan naifnya lagi, saya anggap ini rejeki, jadi yaudah sih, saya ambil ajah ~

Padahal orang di sebelah saya waktu itu sempat bersikeras menyarankan saya untuk ga ambil job ini, karena sebenernya dalam diri saya juga ragu untuk bisa menjalankan ini dengan sukses, karena ini agak “nggak Nurvirta banget”.

1

Sekarang, kerjaan UCrew saya ini udah selesai Smile apapun hasilnya, saya bersyukur banget bisa jadi UCrew walaupun awalnya saya ragu, karena dengan ini satu achievement saya unlocked: KOMUNIKASI, ngomong dengan orang yang dikenal, nahan malu untuk ditolak, dikira sales lah (padahal saya gak jualan apapun –_-)

Keluar dari Zona Nyaman dan Kolaborasi

Oke, saya dah punya device sekarang. Akhirnya karena “harus memanfaatkan fasilitas yang dipunya” dan “tuntutan bawa nama baik MSP JTETI” tadi, nggak ada alasan lagi untuk ngga ikut. Saya memberanikan diri ikut Imagine Cup 2013. Saya bikin ngajak MSP Ilkom, Yodi, dan akhirnya build tim, yang beranggotakan saya, Yodi, Bagus (ilkom) dan Handi (Pend dokter).

cover

walaupun build team, saya yang waktu itu masih sibuk menyelesaikan tugas UCrew merasa nggak mampu untuk handle tim ini sendirian, akhirnya jabatan manager saya amanahkan ke si Yodi. Bersama tim ini, saya belajar dua hal besar: kolaborasi dan keluar dari zona nyaman. Saya nggak pernah kenal ketiga orang ini sebelumnya, nggak pernah sekalipun bekerjasama. Gambling banget lah. Kami juga nggak satu jurusan, nggak bisa setiap saat ketemu, kayak orang LDR gitu lah *lebay* jadi tantangan banget untuk saya bisa nyaman di dalam tim ini. Beruntunglah akhirnya saya benar-benar nyaman di tim ini :’)

Efek kolaborasi juga luar biasa. Kami bikin Greenaid, aplikasi social media lingkungan dengan platform web dan windows phone 8, yang dibikin dengan cukup ngebut. Baru fokus itu sekitar dua minggu sebelum submisi video. (video kami bisa dilihat di http://vimeo.com/61885581) Bayangin dong. Tapi semua bisa dihandle dengan baik karena pembagian tugas, tanggung jawab masing-masing yang besar atas tugas. I’m surprised berada di antara mereka, dan sangat beruntung karena kami saling dukung dan bantu banget disini. Karena latar belakang yang berbeda juga, banyak ilmu yang bisa saya serap, wawasan saya jadi lebih luas karena akhirnya nggak cuma hidup di situ-situ aja dan berteman sama itu-itu aja Smile

Hackedon

Berbekal submisi video, kami ngga nyangka lolos semifinal, 5 besar dan harus presentasi di Jakarta, padahal, jarak antara pengumuman dan ke Jakartanya itu cuma 5 hari.

wp_ss_20130424_0001

Hackedon lah kami (hackathon, hacking marathon, dan hedon). Presentasilah kami ke Jakarta.

2

Dan… Hasilnya tidak dinyana, kami lolos final :’) hal yang nggak pernah saya pikirkan setahun yang lalu :’)

wp_ss_20130424_0002

Saya bisa dibilang cukup berinvestasi kali ini, saya mengorbankan banyak hal. Saya jadi bokek karena cuti kerja (bener-bener terbokek selama 8 tahun terkahir punya uang sendiri). Terus juga mengorbankan waktu tidur, waktu kuliah, waktu bermain, waktu kumpul keluarga, korban perasaan (karena saya jadi heartless, cuek, seolah-olah mengabaikan bahwa sebenarnya ada yang harus saya perhatikan), korban finansial, dan banyak hal lain. Untuk KP NTU saya misalnya, saya kirim dokumen lansung ke Singapura yang habis ratusan ribu, dan kemudian terlalu percaya diri, yang mana sepertinya tidak akan KKN periode antar semester jika diterima.

Akhirnya, minta doa… yang ternyata mengundang seratus lebih like –_____- :’)

wp_ss_20130426_0002

Dan kemudian menjalani final, 12 April 2013 di Epicentrum Walk Jakarta, setelah sehari sebelumnya mendarat untuk menjajal alat presentasi buat WP, makan malam bareng, nginep di Aston Rasuna yang oke punya, dan hackedon seperti biasa

8

5

Banyak banget pelajaran yang saya dapatkan disini. Bahwa saya bersaing dengan tim-tim yang sangat hebat di seluruh Indonesia. Disitu seketika merasa cupu sih, merasa persiapan sangat kurang :’). Kurangnya dari aplikasi kami juga banyak banget, dari kurangnya testing, dan kesiapan lainnya. Fiks lah habis ini harus ada manajer tim lomba IT di UGM. Tapi bersyukur juga sih karena banyak masukan membangun untuk aplikasi kami dan kemudian membuat kami melihat opportunity yang lebih besar dari sekedar lomba >:)

6

Berkorban, Investing, and, The Result is…

7

Liat wajah saya di bagian pemenang? Nggak kan, hehe…

Yes, tim kami tidak berhasil membawa pulang hadiah apapun, tapi tim UGM lain yakni NextIn Futura berhasil jadi 1st Place di Worldwide Citizenship Competition :) jujur, saya ikut seneng, seperti yang saya statuskan setelahnya

3

Tapi memang tidak bisa dipungkiri saya sempat sedih. Sedihnya kala merasa sebenarnya usaha kami bisa lebih dari ini sehingga bisa achieve more. Terlebih, tanggal 12 itu, adalah tanggal pengumuman KP saya, yang seperti saya tuliskan, saya cukup “njagakke”, namun ternyata hasilnya saya tidak mendapat email apapun hingga pukul 12 malam. Simpulan singkatnya, permohonan KP saya nggak tembus.

Kesimpulanannya malam itu saya combo fail :)

Think Positive

Sebenernya yang namanya manusia, bisa aja saya mengambil pembenaran dengan negative thinking, tapi, saya bersyukuuuuur banget alhamdulillahnya Allah itu masih melindungi otak saya untuk terus berpikir positif atas segala hal yang melanda saya malam itu. Salah satu contohnya adalah

“ah kan NextIn Futura nggak cuma kerja berempat, mereka kerja di tim besar…”

(hehe sori kalih, sonny, syukron, aku pernah diracun begini sama seorang teman yang nggak terima ketika kalian kerja rame-rame sementara aku cuma kerja berempat, padahal akunya sih terima-terima aja :p), saya bisa men-counter dengan

“Ya kan bagus Mon, prestasi UGM, terutama JTETI nambah, orangnya jadi lebih bervariasi nggak cuma itu-itu aja, jadi tanggunganmu bisa dibagi Smile with tongue out. Lagipula usaha mereka juga besar dan sungguh-sungguh, dari yang sering coba dan sering gagal terus jadi pemenang. Rezeki mereka lah itu. Terus juga apa salahnya kerja di tim besar? Bagus kan malah, gimana caranya NextIn manage NextIn Futura bisa jadi referensimu lho kalo kamu pengen ngembangin managemen tim kompetisi IT di UGM Smile

Dan pikiran-pikiran positif tersebut sangat membantu saya untuk kemudian tidak berlarut dalam kesedihan malam itu Smile

“Opportunity + Hard Work + Luck = Success”

bersambung…

0 Responses

Posting Komentar

abcs