KP Part 3: Gardens by The Bay!

Web: http://www.gardensbythebay.com.sg/

Ini adalah salah satu tempat paling indah yang pernah saya kunjungi di Singapur. Gimana caranya ke sana? Dari Pioneer naik Jalur hijau (EW) sampe Raffles Place, terus naik jalur merah (NS) arah Marina Bay dan turun Marina Bay, terkahir naik kuning (CC) arah Harbour Front turun di Bayfront. Apesnya, waktu pertama kali kesana, kami malah turun di Promenade dan jalan jauh pake ngalang jalan tol segala hahahaaa…

Tempat ini saya alokasikan satu postingan khusus karena selama Kerja Praktek di Singapur 3 bulan, saya kesini EMPAT KALI. Iya, selo banget ya sampe empat kali heu heu.

5

Pertama,

Ketika baru beberapa hari di Singapur, temen saya dari Elektro UGM, Fanni Irsanti ternyata mau ada konferensi di India dan transit di Singapura cukup lama, 12 jam apa ya, dan karena saya cukup selo, saya temenin jalan-jalan, salah satunya ke sini.

1

Kami naik ke atas jembatan, OCBC Skylink namanya, biayanya S$5 per orang. Tapi kalo cuma main di taman yang berisi Giant Skytree ini, gratis. Ohya skytree atau pohon buatan ini dibuat seperti pohon aslinya, bisa fotosintesis juga dia. Ckckck dasar Singapur.

Kedua,

Bersama teman-teman ERAP saya dan kenalan-kenalannya. Ada Diah, Delphine, Arnan, Subham, Aifei dan Thuy. Kami naik OCBC skyway

32

Dan dilanjut dengan masuk ke satu konservatorium. Di sini ada dua konservatorium atau taman, yaitu Cloud Forest dan Flower Dome, kami memilih Cloud Forest. Satu konservatoriumnya S$12, beruntung kami punya work permit sehingga boleh masuk satu konservatorium saja. Kalo turis biasa, harus masuk dua duanya dan membayar S$28, kalo pemegang long term pass dan Singaporean bisa masuk dua konservatorium dengan hanya S$20 saja. Ini skema ticketingnya:

image

Cloud Forest ini menarik banget, mengadopsi hutan hujan kayak di Kalimantan gitu. Waktu masuk disambut dengan air terjun buatan setinggi 7 lantai:

6

Enaknya, di sini kami bisa “mendaki” air terjun tadi. Cukup ikuti rutenya saja, tanpa sadar sudah sampai dalam dan tau-tau sudah di puncak air terjun.

79

Pemandangan dari atasnya indah banget, paling enak kalo kesini bareng keluarga atau orang terdekat :”>

8

Di akhir trip ada semacam video gitu menjelaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan karena suhu bumi lama-lama tambah panas.

4

Ketiga,

Menemani Febri, temen satu pelatihan jaman SMP dulu (sekarang kuliah di UI) dan temennya, Yekti yang me-YOLO ke Malaysia dan Singapur buat liburan

image

Keempat,

Nemenin temen yang kuliah di Pendidikan Dokter UGM, si Agung Hartoko yang juga YOLO ke Singapur SENDIRIAN. Awalnya mau rombongan berempat tapi dua temennya ngga bisa, terus pacarnya juga ngga dibolehin orang tuanya. Akhirnya karena udah terlanjur pesan segala hal, dia tetep berangkat walau sendirian. Salut bro, ahahaha…

Saya karena masih ada urusan di NTU, nemenin dia cuma siang, cuma ke Flower Domenya aja. Bunganya indah-indah, bikin terharu.

132

Kesimpulan

Gardens by The Bay adalah tempat yang sangat recommended untuk dikunjungi ketika di Singapura, apalagi kalo hobi tentang berbau tumbuhan atau foto-foto (karena banyak tempat yang foto-able). Saran saya cek dulu web nya (ada di paling atas post) kalo mau dateng, siapa tau ada promosi. Terus juga, ngga usah naik shuttle car yang disediakan (S$2 PP) soalnya jalan kaki pun deket. Bawa payung jangan lupa, soalnya panas banget di luarnya. Bawa minum yang banyak takut kehausan soalnya visit time cukup lama, 4 jam kalo ditambah sekaligus visit ke dua konservatorium. Juga, karena tempat makan di dalem (kafe dan restoran) nya mahal-mahal, mending bawa bekal atau makanan dari luar, atau malah makan di tempat lain.

Bersambung…

0 Responses

Posting Komentar

abcs